- Kontributor
3 Maret 2021 0:0:0 342

Ikuti Webinar Nasional, Pengurus DWP Kemenag Kota Palu Terima Parenting Education

Ket: Ketua DWP Kankemenag Erna Nasruddin (Kiri) sedang mendengarkan materi webinar


Palu (Kemenag Sulteng)--- Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Palu, mengikuti webinar nasional yang dilenggerakan DWP Kemenag RI dengan tema “Membangun Pola Komunikasi yang Efektif dan Menyenangkan antara Orang Tua dan Anak,” melalui Virtual Zoom Meeting. Rabu (03/03).

DWP yang diketuai oleh Erna Nasruddin L. Midu tersebut menjadi peserta Webinar bersama  DWP Unsur Pelaksana, DWP PTKN, DWP Kanwil Kemenag provinsi, DWP Kankemenag Kab./kota, DWP UPT Asrama haji, DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Eny Yaqut Cholil Qoumas selaku Pembina DWP Kemenag RI menganalogikan komunikasi dengan orchid bloom, yaitu bunga anggrek yang sedang mekar, dimana setiap anggrek yang mekar akan sangat unik tidak akan sama coraknya satu dengan yang yang lain, begitu pun anak dilahirkan sangat unik maka cara berkomunikasi dengam setiap anak akan sangat berbeda. 

Eny menambahkan bahwa anggrek yang mekar terlihat sederhana tapi juga memiliki langkah perawatan yang rumit, begitu pun cara komunikasi pada anak yang terlihat sebagai kegiatan sehari-hari yang sederhana namun juga sulit dan rumit untuk mencapai tujuan komunikasi kepada anak.

“Jangan menjadikan anak-anak sebagai seseorang yang asing di lingkungan keluarga. Jadikan keluarga sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak”. tutur Enny.

Pembina DWP Kemenag RI itu menjelaskan bahwa webinar yang dilaksanakan ini merupakan webinar lanjutan dari webinar sebelumnya  yang bertema Pencegahan Adiksi Pornografi pada Anak.

Webinar nasional kali ini  menghadirkan narasumber Elly Risman Musa, sosok yang merupakan pakar parenting ini menyampaikan tentang 12 kesalahan gaya pendidikan populer dan juga meminta seluruh peserta untuk menemukan alternatif sesuai kondisi peserta. 12 kesalahan populer dalam pendidikan itu adalah memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap/label, mengancam, menasehati, membohongi, menghibur, mengkeritik, menyindir dan menganalisa. 

Materi parenting yang dibawakan pun berlangsung dengan  baik, aktif dan komunikatif. Elly Risman menutup kegiatan dengan pernyataan bahwa ibu dan ayah sebagai individu harus selesai dulu dengan dirinya sendiri dan inner child dalam dirinya untuk bisa melaksanakan pendidikan terbaik pada anaknya.

(Fuad)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex