- Kontributor
5 Juni 2020 0:0:0 720

Pemkot Palu Gelar Rakor Bahas Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) - Pemerintah Kota Palu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur Forkopimda, Kakankemenag Palu Palu,Ormas Keagamaan dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Rapat ini digelar dalam  rangka menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid -19 di Masa Pandemi.

 

Rakor digelar di Ruang rapat Bantaya Lantai 3 Kantor Wali Kota Palu, Kamis (4/6/2020) dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palu, Asri.

 

Sekkot menyatakan kesyukurannya bahwa Pasien positive di Kota  Palu telah berkurang. Sekkot menambahkan bahwa diterbitkannya SE Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020 adalah sebagai respon atas kerinduan umat beragama untuk kembali melaksanakan ibadah di rumah ibadah masing-masing.

 

Oleh karena itu, katanya, Pemerintah Kota Palu menggelar Rakor bersama pihak-pihak terkait untuk membahas langkah yang akan diambil Pemerintah Kota Palu terkait pelaksanaan kegiatan keagamaan masyarakat Kota Palu di rumah ibadah.

 

Sekkot menegaskan agar nantinya aparat dikecamatan dan kelurahan dapat mensosialikan hal ini dengan masyarakat. Melihat grafik perkembangan Covid-19 kasus di palu yang sangat minim, Sekkot berharap Palu bisa menjadi Zero Covid-19.

 

Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020 mencakup panduan pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah ibadah pada masa pandemi, yang lazimnya dilaksanakan secara berjama’ah atau kolektif. Di dalamnya mengatur kegiatan keagamaan inti dan kegiatan keagamaan sosial berdasarkan situasi riil terhadap pandemi Covid-19 di lingkungan rumah ibadah tersebut, bukan hanya berdasarkan status zona yang berlaku.

 

Sementara itu Kakankemenag Palu, Ma’sum Rumi mengatakan bahwa dikeluarkanya SE Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020 tersebut merupakan peluang bagi umat untuk dapat beribadah dirumah ibadah masing-masing dan tetap mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama No. 15 tahun 2020. Kakankemenag menambahkan, berhasilnya penerapan Surat Edaran ini dimasyarakat berada pada tingkat rekomendasi kelurahan hingga kecamatan.

 

“Saya berterimakasih kepada Wali Kota dan Sekkot yang telah melaksanakan rapat kordinasi ini. Saya harap forum ini menjadi acuan panduan bagi masyarakat,” harap Kakankemenag.

 

Disebutkannya, rumah ibadah yang diizinkan untuk menyelenggarakan kegiatan berjama’ah/kolektif adalah rumah ibadah yang sudah memiliki Surat Keterangan Rumah Ibadah Aman Covid -19 dari Ketua Gugus Tugas Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan sesuai tingkatan rumah ibadah tersebut.

 

Setelah itu Kadis Kesehatan Kota Palu, Husaema melaporkan perkembangan Covid-19 terkini di Kota Palu. Dalam laporanya selaku ketua Gugus Tugas Covid menyampaikan bahwa saat ini kota palu cenderung aman, langkah-langkah penanganan dan tindakan preventif telah dilakukan membuahkan hasil. Sampai dengan Kamis 4 Juni, Pasien dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 2 orang dan terkonfirmasi positif menyisakan 1 orang. Harapanya dalam waktu dekat Kota Palu bisa Zero Covid-19.

 

Dalam Rakor juga dibahas tentang langkah-langkah teknis peribadatan terkait antisipasi terhadap kemungkinan membludaknya jama’ah sholat berjamaah sehingga sulit menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak fisik.

 

Selain itu juga dibahas tentang keterlibatan TNI, Polri, Satpol-PP, Kemenag, Ormas Keagamaan serta peran Gugus Tugas Kecamatan dan Relawan Tingkat Kelurahan untuk melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di rumah-rumah ibadah.

 

Setelah memperhatikan saran dan pendapat yang disampaikan peserta Rakor, terdapat dua kesimpulan:

 

  1. Berdasarkan data perkembangan penanganan Covid-19 yang disampaikan Kadis Kesehatan, bahwa Kota Palu tergolong aman, namun yang masih menjadi masalah adalah masuknya orang dari daerah lain.

 

  1. Rumah ibadah dapat menyelenggarakan kegiatan keagamaan dengan ketentuan sanggup menerapkan protokoler Covid-19 dan Surat Edaran (SE) Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020, yang dibuktikan dengan Surat keterangan dari kepalah Wilayah Kecamatan.

 

(Fuad)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex