- Kontributor
18 Juli 2022 0:0:0 104

MTsN 1 Kota Palu Mengikuti Kegiatan Green Communities Bersama BRIN

Ket: Foto Di Lokasi Penanaman Mangrove (27/06/2022)


Palu (Kemenag Sul-Teng), MTsN 1 Kota Palu mengikuti kegiatan Green Communities Program satu orang satu mangrove yang di laksanakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kegiatan ini di ikuti oleh BPS Palu, sejumlah komunitas pencinta lingkungan serta Para Pelajar dari SMAN 3 Palu dan MTsN 1 kota Palu. menggelar aksi menanam mangrove di Pantai Dupa, Kelurahan Tondo Palu Suteng, akhir pekan kemarin. (27/06/2022).

Sebanyak 500 bibit yang 100 di antaranya merupakan propagul atau buah mangrove yang telah berkecambah ditanam di Pesisir palu tersebut.

Vegetasi mangrove di lokasi itu telah menjadi lokasi wisata edukasi dan penelitian. Sejak 2019 atau setelah tsunami 2018, lokasi itu menjadi pusat penanaman mangrove oleh berbagai komunitas pencinta lingkungan.

Ketua Badan Riset Inovasi Nasioanal (BRIN) DR. Bagus Hary Prakoso,SE,M.A menjelaskan, kegiatan Green Communities Program satu orang satu mangrove sangat penting sekali karena suatu program aksi yang bersifat sukarela dan berkelanjutan.

Olehnya, untuk mewujudkan program ini bukan hanya menanam mangrove tetapi juga melakukan bersih-bersih pantai dari sampah plastik dan lain-lain yang bikin merusak pesisir pantai palu.

Upaya menghijaukan kembali Pesisir Palu itu bukan tanpa tantangan, sampah dan kayu gelondongan yang terbawa dari Sungai Palu kerap merusak mangrove muda. Karena itu komunitas mangrovers rutin memantau perkembangan tanaman itu dan membersihkan pantai setiap akhir pekan.

Aktivitas manusia juga disebut jadi ancaman. Walau sudah ada pos jaga sederhana dan papan peringatan, pemancing dan warga yang belum paham pentingnya mangrove di lokasi itu kerap sengaja maupun tidak, jadi biang tanaman itu gagal tumbuh.

Sementara itu, Kepala Madrasah Hj.Rusdiana, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BRIN (Badan Riset Inovasi Nasional) karena sudah mengajak guru-guru dan siswa-siswi MTsN 1 Kota Palu dalam kegiatan Green Communities Program satu orang satu mangrove. Harapan kedepannya tidak hanya menanam saja, tetapi ikut memelihara dan menjaga tanaman mangrove selaku warga Kota Palu.

“Kepada Guru-guru, Siswa-siswi MTsN 1 palu beserta Komunitas Pecinta Lingkungan, dengan adanya kegiatan Green Communities Program satu orang satu mangrove dapat membawa perubahan dan menjaga tempat wisata-wisata di pantai agar jauh dari sampah plastik dan pencemaran lingkungan” pungkasnya.

*Supardi*

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex