- Kontributor
6 September 2021 0:0:0 127

Penghulu Kemenag Donggala Diharapkan Maksimal Lakukan Pelayanan Masyarakat

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H.Rusdin, membuka secara resmi kegiatan temu Ilmiah Kepenghuluan dan hukum Islan dan rapat koordinasi penghulu se Kabupaten Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng),- Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Donggala, melaksanakan Temu Ilmiah Kepenghuluan serta Hukum Islam dan  Rapat Koordinasi  Penghulu se-Kabupaten Donggala, yang dibuka oleh Kepala  Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam H. Darwin Panessai, dan Ketua APRI  cabang Donggala, Hayyun Nur,  di Kantor KUA  Kecamatan  Balaesang,  senin  ( 6 /9-2021)

Dalam arahannya, H. Rusdin mengungkapkan rapat koordinasi Penghulu dan temu Ilmiah ini yang dipasilitasi oleh APRI cabang Donggala direspon dengan  positif oleh Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Donggala, karena  memberikan motivasi kepada KUA untuk secara kritis, tanggap terhadap  kondisi yang berkembangan dan cepat merespon apabila ada surat edaran atau surat Keputusan  turun  dari atasan, ujarnya.

Selain itu, keberadaan APRI ini diharapkan sebagai wadah peningkatan kompetensi penghulu melalui program seperti pelatihan-pelatihan, kajian Ilmiah serta bagaimana meningkatkan  integritas  para penghulu dan memberikan suatu gagasan harapan serta pertalian hubungan antar satu penghulu dengan  penghulu lainnya, terang Kakakankemenag Donggala.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimais) H.Darwin Panessai, mengatakan bahwa keberadaan APRI ini salah satu tujuannya untuk penguatan dalam regulasi  ruang lingkup profesi penghulu, karena penghulu diharapkan lebih maksimal dalam pelayanan serta maksimal dalam penggunaan semua media  yang berbasis online, ujarnya.

Olehnya itu, jabatan Fungsional Penghulu adalah jabatan sebagai pencatat nikah atau perkawinan  yang  mempunyai  ruang lingkup  tugas dan tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan pelayanan  dan bimbingan nikah atau rujuk pengembangan kepenghuluan dan bimbingan masyarakat Islam, tutur Darwin.

Sementara  itu,  Hayyun Nur,  sebagai  Ketua Panitia Pelaksana dan  juga Ketua APRI,  menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Donggala,  Kepala Seksi  Bimbingan Masyarakat Islam, yang  telah meluangkan  waktunya  untuk menghadiri  kegiatan  ini, yang juga dihadiri semua  kepala KUA sebagai  anggota APRI se Kabupaten Donggala, semoga kegiatan ini menambah wawasan dan pengetahuan  kita tentang penghuluan,  tutup Hayyun.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex