- Kontributor
4 November 2023 0:0:0 290

Sekda Kabupaten Donggala Tutup MTQ Tingkat Kabupaten Donggala

Ket: Sekda Kabupaten Donggala menutup secara resmi MTQ tingkat Kabupaten Donggala di Kecamatan Rio Pakava


Donggala (Kemenag Sulteng) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Donggala Rustam Efendi, yang juga Ketua LPTQ Donggala, didampingi Kepala Kantor Kemenag Donggala Rusdin, menutup MTQ tingkat Kabupaten Donggala, di Kecamatan Rio Pakava, Kamis 2 November 2023.

Dalam sambutannya, Rustam  Efendi mengatakan  bahwa pelakanaan MTQ mendatang harus dirancang dan dipersiapkan dengan matang pelaksanaannya, untuk bisa mendapatkan hasil  yang maksimal sesuai harapan. Menurutnya, MTQ tidak bisa dilaksanakan secara terburu-buru, apa adanya tapi harus punya planning yang baik demi terwujudnya syiar Islam dengan baik melalui lomba MTQ tingkat Kabupaten Donggala, ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa esensi dari pelaksanaan Musabaqah Tilahwatil Qur’an adalah bagaimana cara memahami membaca Al- Qur’an, menghafal  dengan  benar  dan  baik  sesuai kaidah yang ada dalam tuntunan membaca  ayat-ayat Al Qur’an  yang benar. "Lebih utama lagi adalah berusaha untuk  mengamalkan  isi kandungan  Al Qur’an  yang telah  kita  pahami   dalam hidup dan kehidupan kita sehari-hari," jelasnya.

Selanjutnya Kepala Kemenag Kab Donggala Rusdin, mengungkapkan MTQ adalah event keagamaan yang besar dan meriah, olehnya  pelaksanaan kegiatan ini dapat mengambil hal yang positif atau yang baik yang terjadi selama event ini terlaksana, hendaknya menjadi acuan bagi kita semua di masa akan datang dan tentunya segala kekurangannya yang terjadi dapat kita perbaiki  pada MTQ atau  STQH berikutnya.

MTQ ini hanyalah sebuah kompetisi khusus dalam bidang membaca, menghafal, menulis dan memahami isi kandungan Al Qur’an, yang namanya sebuah  kompetisi  pasti ada  peserta yang  juara  atau yang terbaik  dan  pasti pula ada yang belum dapat juara, namun pada dasarnya semua peserta  yang ikut berkompetisi adalah para peserta yang terbaik, tuturnya.

Olehnya,  hal yang penting dari semua itu adalah tumbuhnya kesadaran  semangat  bersama para generasi kita untuk dekat dengan  Al Qur'an yang dibingkai dalam silaturahim dan persaudaraan sesama, disamping juga MTQ  sebagai  sarana syiar agama Islam, nilai semangat silaturahim itulah yang tidak boleh diruntuhkan oleh semangat dalam berkompetisi apalagi jika kompetisi itu justru tidak sejalan dengan  ajaran Qur’ani  yang mengajarkan persatuan dan kesatuan dalam kebaikan,  tutur Rusdin.

MTQ tingkat Kabupaten Donggala ini diikuti 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala, yang meraih  juara I Kecamatan Dampelas dengan  nilai  42,  juara 2 Kecamatan Rio Pakava dengan nilai 28, juara 3 Kecamatan Sindue dengan nilai  20,  juara 4 Kecamatan Pinimbani  dengan nilai  18 dan  juara 5 Kecamatan Banawa dengan nilai 16.

Penutupan MTQ  yang ke  39  turut dihadiri Asisten I Bupati Donggala, H. Muh. Yusuf Lamakampali, SE, M.Si, Ketua DWP Kemenag Donggala, Hj. Nirmala Rusdin, Kasag Kesra Donggala Hj. Salmiati, SE, MM, Para Camat, Para KUA,  Muspika Rio Pakava, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex