- Kontributor
28 Januari 2020 0:0:0 786

Pembukaan Manasik Haji Kemenag. Kab. Morowali Utara

Ket:


Kolonodale (Kemenag Morut) - Kementerian Agama Kabupaten Morowali Utara melaksanakan Kegiatan Pembukaan Manasik Kabupaten Morowali Utara Tahun 2020 M/1440 H di Mesjid Raya Kolonodale Kec. Petasia Kab. Morowali Utara, Jum’at, 24 Januari 2020

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali Utara, Dra. Hj. Marwiah, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji harus segera dimulai meskipun belum ada ketetapan jadwal pemberangkatan Jamaah Haji. “ Manasik adalah belajar. Semakin banyak belajar maka akan semakin baik,” imbuhnya. Bahkan menurutnya, manasik di kabupaten Morowali Utara sebenarnya sudah terlambat jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Sulawesi Tengah. Marwiah juga menambahkan, jangan sampai menganggap remeh kegiatan manasik haji. “Orang yang rajin manasik dan orang yang jarang ikut manasik, akan nampak dalam pelaksanaan ibadah haji di Makkah nanti” katanya mengingatkan.

Lebih lanjut Marwiah menjelaskan bahwa Kementerian Agama adalah penyelenggara teknis dalam pelaksanaan ibadah haji. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan dana, tambahnya, dibantu oleh pemerintah daerah setempat.

Kepada para panitia kegiatan manasik haji, perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Morowali itu berharap pelaksanaan manasik haji sudah disiapkan dengan baik. “Persiapkan jadwal manasik. Kegiatan manasik harus tercatat, bisa terukur sehingga bisa dievaluasi nantinya” sarannya.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kabag Kesra Kabupaten Morowali Utara, Amirullah Halilu, S.H. Mewakili bupati Morowali Utara, Amirullah Halilu menyampaikan dalam sambutannya bahwa Pemerintah Daerah akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dalam pelaksanaan ibadah haji. “ Jamaah Haji berhak mendapatkan pelayanan, pembinaan dan perlindungan dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Kabag Kesra menjelaskan bahwa pemerintah daerah kabupaten Morowali Utara telah mencapai kesepakatan dengan DPRRD Kab. Morowali Utara. Pemda Morowali Utara telah melakukan terobosan baru menyangkut transportasi lokal bagi jamaah haji. “ Untuk pemberangkatan tahun 2020, calon jamaah haji Morowali Utara akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat dari Morowali ke Palu” janjinya disambut dengan gembira oleh jamaah haji yang hadir.

Lebih lanjut, Amirullah Halilu berharap Pemerintah Daerah Morowali Utara dan Kementerian Agama Kab. Morowali Utara bisa terus bersinergi untuk terus bersama-sama mengupayakan pelayanan yang terbaik bagi calon jamaah haji.

Berdasarkan informasi yang diperolah dari Kepala Seksi Bimas Islam dan PHU Kantor Kementerian Agama Kab. Morowali Utara sekaligus Ketua Panitia Manasik Haji, Abu Bakren, S.HI, daftar sementara jamaah haji yang akan berangkat tahun 2020 sebanyak 41 orang. Keempat puluh satu jamaah berasal dari 6 kecamatan, yaitu Kec. Petasia, Kec. Petasia Timur, Kec. Lembo, Kec. Lembo Raya, Kec. Mori Atas dan Kec. Bungku Utara. Dengan usia jamaah haji tertua adalah 79 tahun dan usia jamaah haji termuda adalah 26 tahun.

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex