- Kontributor
8 Juni 2022 0:0:0 639

Hari Raya Galungan, Momentum Mengucap Syukur Dan Meningkatkan Kualitas Diri

Ket:


Poso (Kemenag Sulteng) - Bertempat di Pura Agung Sanatana Weda Desa Taunca, Kec. Poso Pesisir Selatan, dilaksanakan persembahyangan bersama seluruh umat Hindu Desa Taunca dalam rangka memperingati hari raya Galungan, Rabu, (8/6).

Hari raya Galungan dalam Agama Hindu datangnya setiap 201 hari sekali atau enam bulan sekali, yakni setiap Rabu Kliwon wuku dungulan. Hari galungan merupakan momen untuk memperingati kemenangan dharma ( kebaikan ) atas adharma ( ketidak baikan).

Selain memperingati hari kemenangan dharma atas adharma hari raya Galungan juga merukan momen umat Hindu untuk mengungkapkan rasa syukur atas segala ciptaan dan karunia yang telah diberikan pada dunia ini.

I Nyoman Karman, yang merupakan penyuluh Agama Hindu hadir dan memberikan pelayanan dharma wacana (ceramah ) bertajuk makna hari raya Galungan dalam meningkatkan kualitas diri.antusias dan kehadiran umat pada momen persembahyangan bersama sangat luar biasa. Selesai persembahyangan dan pelayan dharma wacana dilaksanakan simakrama/silaturahmi untuk saling mengucap selamat hari raya Galungan.

Dia menyampaikan, Hari Raya Galungan dan Kuningan memiliki hakikat jika kebenaran akan selalu menang saat melawan kejahatan.

“Hari Raya Galungan dimaknai sebagai hari kemenangan dharma atau kebenaran. Jadi kebenaran dan kebaikan ini tidak akan pernah terkalahkan,” Ungkapnya.

Lanjut dia, Hari Raya Galungan akan ditutup dengan Hari Raya Kuningan. Pada hari ini, umat Hindu memaknai kemenangan dan mempersembahkan kekayaan alam yang dimiliki.

“Rangkaian berlanjut sampai Kuningan nanti. Sepuluh hari lagi. Kuningan diibaratkan mempersembahkan semua hasil bumi sebagai ucapan syukur atas anugerah yang melimpah,” kata I Nyoman Karman.

“Kita mempersembahkan berbagai hasil panen dalam bentuk sesajen. Hakikatnya sebagai rasa syukur atas apa yang telah diberikan kepada kita semua,” imbuhnya.

“Inti dari tema ini agar dengan Hari Raya Galungan Kuningan, kemenangan dharma ini ada di hati kita. Jadi kita selalu akan berbuat kebaikan. Selalu berkata, berpikiran dan berbuat yang baik,” Pungkasnya

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex