- Kontributor
15 Maret 2021 0:0:0 219

Kemenag Donggala Gelar Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, didampingi oleh Kasi Bimais H. Darwin Panessai dan Markus dari BNN Donggala, membuka secara resmi Sosialisasi Bahaya Penyalagunaan Narkoba


Donggala (Kemenag Sulteng) - Rapat Koordinasi para KUA dengan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Darwin Panessai,  dan sekaligus   melakukan sosialiasasi  tentang bahaya penyalagunaan  Norkoba, dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, didampingi  oleh  Kepala BNN  yang diwakili oleh Markus, S.Kep., MS,  di Aula Kemenag Donggala, senin (15/3-2021)

Dalam arahannya,  H. Rusdin mengatakan, bahwa bahaya mengkomsumsi  Norkoba dan sejenisnya   seperti  Pil Ekstasi,  ganja, Opium, morpin dan Alfoprodina, sangat berdampak negatif bagi kesehatan kita  karena bisa merusak  organ-organ  di dalam tubuh, seperti  jantung koroner, aritmia  dan serangan  jantung.

Penyalagunaan  Narkoba bisa juga   menyebabkan dan menimbulkan kekacauan berfikir, ketergantungan, bisa menyebabkan keseimbangan  elektrolit berkurang, badan kekurangan cairan, rasa sesak bagian dada, dapat menyebabkan kerusakan otak, gangguan mental, rasa takut berlebihan , menurunkan  tingkat kesadaran  sehingga sulit mengenali lingkungan sekitarnya, ungkap Rusdin.

Olehnya itu, para kepada KUA  diharapkan proaktif untuk  melakukan kampanye atau penyuluhan  terhadap  bahaya penyalahgunaan Narkoba dan para calon pengantin harus diperiksa  terlebih dahulu sebelum di lakukan proses  Ijab Qabul baik Nikah di Kantor Balai Nikah maupun di rumah calon pengantin, ujar Rusdin.

Pada kesempatan yang sama, Markus  mengatakan, bahwa pada dasarnya memerangi Narkoba ini adalah tugas kita semua  bukan hanya  BNN saja, tapi harus bekerja sama dengan semua pihak termasuk para ASN  Kementerian Agama, melalui penyuluhan  Agama Islam dengan menyelipkan  pesan bahaya penyalagunaan Narkoba karena bisa menghancurkan masadepan  bahkan bisa menyebabkan kita meninggal dunia.    

Para kepala KUA  yang ada di seluruh  Kabupaten Donggala diminta kerja samanya untuk memerangi penyalagunaan Narkoba  dan bertugas memberikan  penyuluhan   tentang  bahaya terhadap  Narkoba dengan menghubungkan  pesan –pesan ajaran Islam  supaya masyarakat  bisa sadar   terhadap bahaya  Narkoba, kata Markus.

Sementara itu, H. Darwin Panessai, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranaya  sosialisasi  bahaya  terhadap penyalagunaan Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kab. Donggala, yang dihadiri oleh semua kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se Kabupaten Donggala, dan setelah dilaksanakan  sosialisasi bahaya Narkoba  para KUA diharapkan bisa proaktif dalam pemberantasan bahaya Narkoba, tutur Darwin Panessai.     

 

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex