KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
19 Maret 2024 12:3:0 58

Siswa MAN 1 Parigi Ikuti AMBK

Ket: Siswa MAN 1 Parigi Ikuti AMBK


 

Parigi (Kemenag Sulteng) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parigi menyelenggarakan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK). Pelaksanaan Asesmen dibuka oleh kepala MAN 1 Parigi Sunarti Muhamad, Senin 18 Maret 2024 di halaman Madrasah.

Dalam arahannya kepada para peserta, Kepala MAN 1 Parigi Sunarti Muhammad mengatakan asesmen ini dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa sekaligus sebagai salah satu syarat untuk kelulusannya. Dengan asesmen ini kita bisa mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik, pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Sunarti menjelaskan, pada prinsipnya asesmen madrasah sama dengan UN, UAM. Bedanya Asesmen Madrasah dilaksanakan oleh madrasah masing-masing sesuai kisi kisi yang sudah ditetapkan. Menurut Sunarti penyelenggaraan asesmen madrasah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional  Penyelenggaraan Asesmen Madrasah

Kepada para siswa peserta Asesmen mantan kepala MTsN 1 Parigi berpesan agar dalam mengerjakan soal-soal ujian haruslah dengan teliti, dibaca dengan cermat, jangan terburu-buru karena hal ini merupakan penentuan bagi kelas XII untuk bisa mendapatkan predikat lulus dengan hasil baik.

Selanjutnya karena pelaksanaan AMBK bertepatan dengan bulan Ramadan, maka sebaiknya digunakan untuk memperbanyak do'a kepada Allah SWT, dengan melakukan salat, tadarus Al-Qur'an. Kemudian tetap menjaga kesehatan serta kurangi berpergian yang tidak penting, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akan terjadi, yang bisa menghalangi kelancaran proses kegiatan asesmen.

“Semoga pelaksanaan AMBK di MAN 1 Parigi dapat berjalan baik, lancar dan sukses,” ujarnya.

Menurut Sunarti, sebelumnya madrasah telah melaksanakan simulasi untuk mengantisipasi segala permasalahan yang akan terjadi pada penyelenggaraannya.

Kegiatan Asesmen di awali dengan bidang studi bahasa Indonesia dan PPKn, yang di mulai senin,18 Maret 2024 pukul 07.15 hingga pukul 14.00 WITA, dan akan berakhir pada tanggal 28 Maret 2024.

Adapun jumlah siswa yang menjadi peserta Asesmen sebanyak 72 orang, terdiri 23 orang Kelas XII IPA 2, 26 orang Kelas IPS, 11 orang Kelas Agama, dan 22 orang XII IPA2 yang dibagi dalam dua ruangan, ruangan satu laboratorium komputer, ruangan dua laboratorium biologi, terbagi menjadi tiga sesi.(Iful/Ahdal).

 

Tags terkait: MAN 1 PARIGI
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex