- Kontributor
11 Oktober 2021 0:0:0 48

Kepala kankemenag Ajak Tenaga Pendidik

Ket:


Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kakankemenag) Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu mengajak para Tenaga Pendidikan dan Kependidikan untuk mengeluarkan zakat profesi disela-sela pembinaan ASN di Aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palu, Sabtu (9/10).

Kakankemenag mengatakan, bahwa zakat profesi dan wakaf  merupakan program kerja Kantor Kementerian Agama Kota Palu yang telah disusun di awal tahun 2021. 

Pada momen itu, Kakankemenag mengajak para ASN di MAN 2  untuk melakukan  zakat secara kelembagaan, karena hampir seluruh Satker Kemenag di Kota Palu saat ini sudah bersinergi dengan pihak Baznas terkait penyaluran zakat profesi.   

"Ini kewajiban, saya tau diantara kita semua mungkin sudah melakukan infaq dan sadaqah secara rutin, tetapi ini juga (zakat) kewajiban kita sebagai seorang muslim, saya pikir zakat profesi tidak memberatkan bagi kita para ASN,” jelasnya. 

Nasruddin mengatakan, terkait zakat profesi ini pihaknya bersama Baznas akan meneruskan hal ini  ke Wali Kota Palu. 
"Kita akan sampaikan ke Bapak Wali Kota, harus diterapkan zakat (profesi) kepada ASN, bukan lagi hanya infaq sedekah,” tuturnya. 

Kakankemenag Kota Palu itu juga  menyebutkan,  di zaman Mantan Wali Kota Alm. Baso Lamakarate, regulasi yang mengatur tentang zakat profesi sudah ada, namun nominalnya  sangat kecil jika diterapkan di masa sekarang. 

Menurutnya, potensi zakat profesi dari ASN di Kota Palu sendiri juga luar biasa, mengingat ribuan ASN yang bekerja di berbagai lembaga  pemerintahan, baik di Pemkot maupun lembaga pemerintahan lainnya. 
"Bayangkan jika ini terealisasikan, akan sangat bermanfaat bagi saudara kita yang berhak menerima zakat, " Ungkapnya. 

"Hal ini (zakat) akan sejalan dengan program keumatan lainnya, sebagaiamana dengan program waqaf yang kita canangkan kemarin (lewat Badan Wakaf Indonesia)," tuturnya. 

Program yang dicanangkan diawal tahun 2021 itu merupakan kolaborasi Kemenag Kota Palu dengan BWI, diantaranya adalah rencana membuat swalayan syariah di Kota Palu dari eks-eks Kantor KUA yang akan direlokasi sesuai dengan wilayah administratif. 
"Kalo nanti KUA sudah punya tanah (program revitalisasi) , Insya Allah hal ini bisa kita realisasikan, " tuturnya. 

Dirinya juga menekankan bahwa apa yang menjadi kebijakan pimpinan (baik dari tingkat madrasah dan sebagainya) semata-mata untuk meraih kemaslahatan, bukan hanya  dunia tetapi  juga  akhirat. 
“Nominal harta yang diwaqafkan akan menjadi amal jariyah yang terus mengalir bukan dipotong (gaji), tapi untuk infaq dan sadaqah, yang Insya Allah bapak dan ibu sendiri yang akan nikmati, "Pungkasnya

(Fuad)

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex