- Kontributor
4 November 2022 0:0:0 64

Kabid Bimas Islam Lakukan Monev di KUA Parigi

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) - Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Junaidin, bersama Kepala KanKemenag Parigi Moutong Ahmad Hasni, melakukan Monitoring Evaluasi Program Revitalisasi KUA di kecamatan Parigi, Kamis 3 November 2022.

Kabid Bimas Islam Junaidin menyampaikan pelaksanaaan supervisi monitoring dan evaluasi (Monev) adalah untuk memastikan pelaksanaan program revitalisasi khususnya penyediaan alat pengolah data untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan layanan publik melalui transformasi digital, itu sudah berjalan dengan baik di KUA kecamatan Kabupaten Parigi Moutong.

Junaidin menyampaikan, revitalisasi KUA telah dilaksanakan dengan menyasar 106 KUA pada Tahun 2021 dan 400 KUA pada Tahun 2022. 

Revitalisasi KUA disajikan dalam dua pola besar: peningkatan kualitas fisik dan non-fisik.

Kualitas fisik berupa rehab gedung KUA serta penyediaan alat pengelolah data untuk mendukung pelaksanaan dan percepatan layanan publik berupa transformasi digital.

Selanjutnya peningkatan kualitas non-fisik mengarah pada peningkatan kapasitas kelembagaan, kompetensi SDM, dan kualitas tata kelola.

Kedepannya melalui program revitalisasi KUA ini, kita tidak lagi hanya melakukan pencatatan nikah dan rujuk, tetapi tetap secara konsisten memberikan layanan keagamaan kepada masyarakat di tingkat kecamatan, ujar Junaidin.

Sementara itu Kepala KanKemenag Parimo Ahmad Hasni mengatakan bahwa Kantor Urusan Agama kecamatan Parigi masuk dalam program revitalisasi KUA, yang tengah digalakkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam).

Olehnya melalui kegiatan Monev ini Saya tekankan, agar Kepala KUA, penghulu serta pegawai harus benar-benar menjalankannya dengan baik,karena program ini, masuk dalam 7 Program Prioritas Kemenag, yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University, tegas Ahmad.

Turut hadir dalam kegiatan monev Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Parimo Subhan Lapu, serta rombongan dari bimas Islam.(Ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex