- Kontributor
11 November 2021 0:0:0 1167

Sosialisasi Raport Digital Madrasah (RDM) Di lingkungan MAN TOliToli

Ket:


(MAN Tolitoli),-Penggunaan Raport Digital Madrasah merupakan program Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama akan di gunakan oleh 87.000 Madrasah pada berbagai tingkatan yang tersebar di seluruh Indonesia, RDM ini merupakan penyempurnaan dari aplikasi rapor digital (ARD)yang digunakan sebelumnya. Sosialisasi ini dilaksanakan di ruang Aula MAN,Kamis 11/11/2021.

Dirjen Pendidikan Islam Muhamad Ali Ramdani mengatakan bahwa penyempurnaan ini sebagai terobosan dalam mengoptimalkan layanan pembelajaran di Madrasah. Akses proktor, staf, Kamad dan Wakakur, Akses Proktor RDM sangat penting dalam aplikasi RDM, karena registrasi awal RDM dilakukan oleh Proktor atau admin aplikasi RDM Madrasah anda.

Pada kesempatan ini pula, jusman memaparkan fitur RDM yang dapat di akses oleh proktor Dashboard RDM Madrasah Syncron Profile Madrasah Upload dan hapus logo Madrasah/yayasan, mengatur tahun ajaran, semester dan jenis penilaian Melakukan Synron mapel yang tidak tersedia, mengatur data kelas, mengatur data guru, data siswa, naik kelas kelas siswa, akses data alumni, mengatur data Ekstrakurikuler, mengatur data cetak rapor, memantau status pengiriman nilai, mengatur akses akun administrasi backup dan restore data RDM untuk akses staf hampir sama dengan proktor, kecuali sycron data fropil Madrasah, logo, pengaturan, dan backup.

Dijelaskannya, untuk akses Kamad dan Wakakur hanya bersifat pemantauan saja, akses guru untuk akses data guru ada 3 jenis, yaitu sebagai guru mapel, wali kelas dan pembina Ekstrakurikuler. fitur untuk akses guru mapel melakukan  penilaian mata pelajaran pada kelas yang diajarnya sesuai dengan yang diatur oleh proktor mengatur bobot nilai harian dan PAS/PAT.melakukan penginputan nilai harian PAT,melakukan penilaian keterampilan (proyek,potofolio,dan unjuk kerja mengirim nilai pengetahuan dan keterampilan,membatalkan nilai pengetahuan dan keterampilan yang sudah terkirim fitur untuk akses Guru sebagai wali kelas,mengubah data siswa di kelasnya,menginput Presentasi siswa,menginput catatan wali kelas,menginput Nilai sikap sosial dan spritual.

Dia juga menambahkan, menentukan naik kelas dan tidak naik kelas pada penilaian semester genap, memantau status nilai terkirim dikelasnya, melakukan penguncian nilai rapor yang sudah terkirim, mencatak rapor, lembar nilai, sampul, identitas rapor, legger kelas dan rekap nilai persiswa, fitur untuk akses guru sebagai pembina ekstra melakukan penilaian terhadap siswa binaanya, menambahkan siswa binaan untuk ekstra kurikuler yang sifatnya pilihan dashboard pada menu dashboard berisi informasi jumlah siswa, guru, kelas, ekstra dan juga aktifitas guru yang sedang login.

Frofil Madrasah terkait data data Madrasah, ganti pass, edit nama kepala Madrasah, ganti logo, dan singkron profil, lembaga, pengaturan semester, singron mapel dan tambah kelas. Guru input data guru dan seting mengajar guru.siswa,upload/scnc data siswa, pindah kelas, naik kelas, dan alumni atau siswa non aktif. Rapor tambah ekskrakurikuler, seting KKM, pengaturan cetak dan melihat status nilai yang sudah terkirim,admin aplikasi menambah akun kepala Madrasah, wakil kepala dan staf.

Backup Restore untuk backup dan restore database jika ada trouble di aplikasi logout keluar dari aplikasi rapor digital Madrasah.menu profil madrasah digunakan jika ingi upload logo madrasah, hasil upload akan muncul di cetak rapor sebelah kanan kop Madrasah.jika ingin mengganti password,silahkan isi form ini, teliti data madrasah anda,jika ada data yang salah,silahkan lapor ke admin kabupaten untuk diperbaiki.jika sudah di perbaiki,silahkan klik tombol Sycron Profile,Form ini untuk mengisi data nama Kepala Madrasah.Lembaga sub menu pengaturan di menu lembaga berfungsi untuk mengatur tahun ajaran,sistem penilaian dan semester yang aktif ketika dihalaman login.sub menu mata pelajaran di menu lembaga berfungsi untuk menyingron mapel dari serverketika pertama kali menggunakan RDM. merubah urutan maple hasil singron jika dirasa ada yang perlu diubah, menambah mata pelajaran baru,contohnya mapel mulok dan mapel pilihan, ujarnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex