- Kontributor
14 Juni 2022 0:0:0 685

Pencanangan Desa Kerukunan Tangguh Menjadi Model Kerukunan Umat

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Makmur Muh Arief, menghadiri dan memberikan sambutan pada pembukaan Pencanangan Desa Kerukunan Tangguh yang dilaksanakan di Desa Malino, Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut, Senin (13/6).

Makmur Muh Arief dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha.

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa pencanangan desa sadar kerukunan tangguh di Desa Malino Padas di diharapkan mampu mendorong pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh warga untuk senantiasa menjaga kerukunan yang sudah ada selama ini.

"Kita harus berperan sebagai wasit dilingkungan rawan konflik dan jangan menjadi bagian dari yang memperkeruh suasana bahkan kita harus selalu menghadirkan kebaikan bagi semua pihak" ujarnya

"Dengan dicanangkannya Desa Malino padas Kecamatan Banggai Selatan, maka Desa ini akan menjadi percontohan atau model kerukunan umat di Kabupaten Banggai Laut dan Provinsi Sulawesi Tengah" sambungnya

Lebih lanjut, Kakanwil mengatakan pencanangan desa sadar kerukunan tangguh merupakan peristiwa sejarah yang merupakan sebagai ciri khas desa sadar kerukunan yang ingin menjadikan contoh bagaimana menjaga toleransi dalam rangka kerukunan hidup beragama.

"Saya ucapkan selamat atas pencanangan desa sadar kerukunan tangguh ini, harapannya semoga kerukunan umat beragama selalu terjaga sampai kapanpun bagi umat dan bangsa terutama masyarakat Sulawesi Tengah dan dapat mewujudkan kearifan lokal yang Berbudaya di Kabupaten Banggai Laut" pungkasnya.

Pencanangan desa kerukunan tangguh tersebut dibuka oleh Gubernur Sulteng diwakili Sekretaris Provinsi Sulteng Faisal Mang, yang dihadiri Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) K.H Yudian Wahyudi, Direktur Bina Ideologi, Karakter Bangsa dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri RI, Direktur Pengkajian dan Materi BPIP Pusat Muhammad Sabri, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sulteng Fahrudin D. Yambas, Analisis Kebijakan Ahli Madya Pada Sub Direktoral Karakter dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri Bangun Sitohang, Ketua dan Unsur Pimpinan serta Anggota DPRD Banggai Laut, Dandim 1308 Luwuk Banggai Gredinand, Wakapolres Bangkep, Kakankemenag Banggai Laut H. Moh Taslim, Para Forkopimda Banggai Laut, Sekretaris Daerah Banggai Laut, Para Kepala Kesbangpol se-Sulteng dan Para tamu undangan lainnya. (MH)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex