- Kontributor
2 Juli 2020 0:0:0 1568

SISWA MAN 2 KOTA PALU RAIH JUARA I LOMBA VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH TINGKAT NASIONAL

Ket:


MAN 2 Palu (Kemenag Sulteng) –Dua siswa MAN 2 Kota Palu, Arief Rahman Kono dan Faturrahman Lubis berhasil meraih juara 1 dalam sebuah ajang lomba video Pembelajaran Sejarah Tingkat Nasional. Lomba yang digelar oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri  dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila tersebut berakhir dengan pengumuman bahwa  video pembelajaran sejarah hasil karya siswa MAN 2 Kota Palu berhasil menjadi video terbaik melalui akun instagram resmi @historianskediri pada Selasa, 30 Juni 2020.

Lomba video pembelajaran sejarah tentang lahirnya Pancasila ini dilaksanakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri. Peserta lomba menyasar pada siswa sekolah tingkat menengah atas dan sederajat di seluruh Indonesia. Peminatan terhadap lomba video ini pun terlihat cukup tinggi. Sejumlah besar peserta berasal dari sekolah ternama di Indonesia turut andil dalam ajang adu kompetensi digital ini. Penilaian dilakukan pada aspek kualitas video serta konten pesan nasionalisme yang ada di dalamnya.

Video lomba karya siswa MAN 2 Kota Palu yang diunggah melalui kanal YouTube, Elkarief Dz,  memiliki lebih dari 700 kali penayangan dengan jumlah subscriber terbanyak. Berdasarkan kriteria tersebut, maka video pembelajaran sejarah lahirnya Pancasila karya siswa MAN 2 Kota Palu terpilih sebagai karya video terbaik dan memenuhi syarat ketersampaian konten yang paling diminati oleh pirsawan.     

Adalah Arief Rahman Kono dan Faturrahman, dua ‘student vlogger’  dari MAN 2 Kota Palu, yang memiliki peran sebagai sang duo kreator video. Saat ini keduanya masih duduk di kelas 10 jurusan IIK  dan IPA. Memiliki semangat belajar dan kompetitif yang tinggi mereka mengolah konten video tersebut di bawah bimbingan rutin Aminuddin, guru sejarah MAN 2 Kota Palu yang dikenal sebagai sosok ulet dengan kompetensi penguasaan digital yang baik. 

Proses pengolahan video dirasakan tidak mudah. Pembatasan fisik dan sosial dalam masa pandemi COVID-19 menjadi hal tersulit yang harus mereka hadapi pada saat pengambilan gambar. Keterbatasan alat juga menjadi salah satu kendala bagi mereka. Untuk hal yang satu ini, Pembina BES MAN 2 Kota Palu, Nuke Koesrini turut andil dengan upaya terbaiknya memberi dukungan bagi dua siswa ini. Secara keseluruhan, video ini menghabiskan waktu selama 24 hari dalam penggarapannya hingga selesai.  

Menanggapi capaian kedua siswanya tersebut, kepala MAN 2 Kota Palu, Muhammad Anas merasa bersyukur dan bangga. Menurutnya, Arief dan Faturrahman adalah sosok siswa yang patut menjadi contoh. Masa belajar dari rumah tidak menghalangi mereka untuk menghasilkan karya terbaik. Secara sepenuhnya Anas menyatakan memberi dukungan serta motivasi bagi keduanya. Lebih lanjut ia berharap bahwa di masa yang akan datang, Arief dan Faturrahman dapat menularkan semangat positif untuk berkreasi dan berkarya bagi seluruh siswa MAN 2 Kota Palu. (neeya.rneey)

Video dapat dilihat di link https://youtu.be/gQREHBeRb3c

Editor : Zidia

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

Lihat Juga :

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex