- Kontributor
23 Oktober 2020 0:0:0 341

Kakankemenag Tolitoli Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020

Ket:


(Kemenag Sulteng),Plh.Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muhammadong, bertindak sebagai  Inspektur upacara pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020. yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi DDI Siapo, Kamis (22/10/2020)

Pada Kesempatan itu, Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muhammadong dalam sambutannya menyampaikan sambutan Menteri Agama RI dalam Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020. Dalam sambutan tersebut dijelaskan jika tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi memperetahankan kemerdekaan indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik pada tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari pahlawan.

Selain penetapan hari santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Undang-undang ini memberikan afirmasi, rekognisi dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Sementara tema hari santri nasional tahun ini “Santri Sehat, Indonesia Kuat” diangkat berdasarkan fatwa bahwa dunia internasional, tak terkecuali indonesia saat ini telah dilanda pandemi global covid-19.

“Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 ini dengan baik, insyaallah negara kita juga akan sehat dan kuat”, Kata menag dalam sambutannya yang dibacakan oleh Muhammadong.

“Kita semua berikhtiar agar pandemi segera berlalu, keluarga besar pesantren, santri, masyarakat indonesia dan warga dunia bisa melewati pandemi ini dengan baik”, tutup Menag diakhir sambutannya.

Kegiatan upacara ini dihadiri oleh Staf Pelaksana Seksi pendidikan Diniyah dan  Pondok Pesantren Kantor Kemenag Tolitoli, Pimpinan Pondok Pesantren, dewan guru serta Santri dan santriwati. (Suherman).

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex