- Kontributor
16 Februari 2023 0:0:0 87

Kenalkan Demokrasi Sejak Dini, MTsN 2 Morut Gelar Pemilihan Ketua OSIS

Ket:


 

MTsN 2 Morut (Kemenag Sulteng) - Indonesia adalah Negara Demokrasi Terbesar Ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan India. Sehingga perlu adanya kegiatan untuk melatih dan mengenalkan demokrasi melalui pengalaman sejak dini. Kamis (16/02), MTsN 2 Morowali Utara mengadakan pemilihan Ketua OSIS Tahun 2023. Pemilihan Ketua OSIS ini berpedoman dan mengikuti tatacara yang berlaku di Pilkada yang bertujuan untuk melatih para siswa untuk menggunakan hak pilihnya secara demokratis, tanpa ada paksaan dari siapapun yang sesuai dengan hati nuraninya.

Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh siswa madrasah di ruang kelas VIIB. Kegiatan pemilihan ini dimulai pada pukul 08.00 WITA dengan berlangsung secara tertib dan lancar. Terlihat seluruh peserta didik sangat antusias saat kegiatan berlangsung.

Terdapat 6 calon ketua OSIS. Nomor urut 1 adalah Rifat, nomor urut 2 adalah Shesilia Arsyila, nomor urut 3 adalah Rahma Ananda, nomor urut 4 adalah Indi Febriani, nomor urut 5 adalah  Altri Selfiyana dan nomor urut 6 adalah Rais Fijratullah. Dua hari sbelumnya, tepatnya pada hari Selasa (14/02)  para calon Ketua OSIS melakukan orasi dan menyampaikan visi misi selama 1 tahun kedepan dalam memimpin OSIS apabila terpilih.

Proses pemungutan suara dilaksanakan hingga pukul 10.00 WITA kemudian dilanjutkan dengan perhitungan suara. Berdasarkan hasil rekapitulasi, dari 215 pemilih diperoleh 192 suara sah dan 23 yang dinyatakan tidak sah. Calon ketua OSIS nomor urut 1 mendapatkan 103 suara, nomor urut 2 mendapatkan 9 suara, nomor urut 3  mendapatkan 4 suara, nomor urut 4 mendapatkan 11 suara, nomor urut 5 mendapatkan 5 suara, dan nomor urut 6 mendapatkan 60 suara. Dengan demikian, calon ketua OSIS nomor urut 1, Rifat akan menjadi Ketua OSIS pada tahun 2023.

Dwi Niahwati selaku Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya pemilihan Ketua OSIS ini. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh dewan guru serta seluruh peserta didik yang sudah berpartisipasi langsung dalam pelaksanaan pemilihan OSIS untuk tahun 2023” ucapnya.

Panitia Pemilihan Ketua OSIS menyelenggarakan pemilihan ketua OSIS ini dengan berlandaskan asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil. Pelantikan Ketua OSIS terpilih akan dilaksanakan pada Senin (20/02).

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex