- Kontributor
21 April 2022 0:0:0 211

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah Gelar Silaturahmi Pada guru guru dan ASN di MAN IC Kota Palu

Ket:


(MAN IC Kota Palu). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi tengah Kiflin melakukan kegiatan kunjungan dalam rangka silaturahmi bersama keluarga besar MAN Insan Cendekia Kota Palu, Rabu (20/04/2022).

Kunjungan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah di MAN IC Kota Palu, dihadiri Sivitas Akademika, Kepala Madrasah, KTU dan Staf TU, Pada kesempatan silaturahmi Ulyas Taha bercerita tentang pendirian MAN IC. Bahwasanya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan IPTEK yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan, pada tahun 1996 atas ide dari Prof. Dr. Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie, melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mendirikan SMU Insan Cendekia di Serpong dan Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK STEP (Science and Technology Equity Program) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren.

Sejak tahun pelajaran 2000/2001 SMU Insan Cendekia, baik yang berada di Gorontalo maupun di Serpong, dilimpahkan pengelolaannya oleh BPPT kepada Departemen Agama RI. Untuk tetap mempertahankan ciri khas penguasaan IPTEK dan IMTAK, maka dalam pengelolaan dan pembinaannya, Departemen Agama dan BPPT terus melakukan kerja sama. Selanjutnya nama SMU Insan Cendekia ditransformasikan menjadi Madrasah Aliyah Insan Cendekia dengan tanpa mengurangi dan mengubah sistem pengajaran secara keseluruhan.

Lanjut Dalam sambutannaya, Ulyas Taha berpesan kepada seluruh Civitas Akademika MAN Insan Cendekia Kota Palu, Agar dalam pelaksanaannya  tetap berkordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi  agar terjalin sinergitas. Serta tetap mempertahankan MAN IC sebagai Madrasah Unggul dalam Berprestasi. Kehadiran 24 MAN Insan Cendekia di Indonesia sebagai Prototype madrasah model bermutu, mengangkat harkat dan martabat Kementerian Agama RI, dilain sisi berkembangan MAN IC di Indonesia menjadi tantangan tersendiri, di mata masyarakat MAN IC merupakan madrasah Unggul Berprestasi, Mandiri dan Islami tidak terpengaruh dengan interfensi termasuk politik. Dalam perkembangannya, MAN IC harus mampu mempertahankan icon sebagai madrasah unggul secara outputnya.

Keberadaan MAN IC Kota Palu harus tetap dipertahankan, karena menjadi madrasah kebanggaan masyarakat Sulawesi Tengah dan Kota Palu pada khususnya menjadi perhatian madrasah-madrasah yang lainnya. “Alhamdulillah dalam penerimaan siswa di MAN IC terseleksi sehingga tidak hanya menjaring siswa yang potensial tapi yang lebih diutamakan adalah yang berintegritas.” Terang Ulyas Taha.

By. Moh. Sidik

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex