- Kontributor
7 November 2022 0:0:0 164

Dialog Religi Interaktif, Kakankemenag Paparkan Konsep Manusia Sebagai Khalifah Allah SWT

Ket: Kakankemenag, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag. menjadi narasumber dalam acara dialog religi interaktif di LPP-RRI Palu


Palu (Kemenag Sulteng) – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Palu kerjasama denga Kantor Kementerian Agama Kota palu, menyelenggarakan dialog religi interaktif kajian tematik. Kali ini menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, M.Ag, tema “Manusia Sebagai Khalifah Allah SWT” dengan presenter, Umi Kalsum, di LPP RRI Palu, Senin (7/11/2022).

Kakankemenag, H. Nasruddin L. Midu mengutif ayat Al Quran sebagai rujukan, "Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan khalifah di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"." (QS. Al Baqarah: 30).

Menurutnya, khalifah yang dimaksud di sini adalah Adam, Ia disebut khalifah karena ia ialah pengganti makhluk yang sebelumnya telah datang. Adam merupakan khalifah Allah di bumi untuk menegakkan amanah dan ketentuan-Nya serta melaksanakan perintah-Nya.

“Dalam ayat tersebut, Allah menerangkan kepada malaikat akan menciptakan manusia untuk mengelola dan memakmurkan bumi, sehingga terjadi dialog antara Allah SWT dan malaikat berkaitan dengan penciptaan manusia,” ujar Nasruddin.

“Dijelaskannya bahwa dalam dialog tersebut, malaikat seolah meragukan kemampuan manusia karena sifatnya yang selalu merusak dan menumpahkan darah. Namun, manusia memiliki kelebihan dan keunggulan dari makhluk lain,” tambahnya.

Selain itu, Nasruddin menyebut, bahwa sebagai khalifah di muka bumi, itu bermakna manusia sebagai wakil atau pemimpin di bumi. Tentunya tugas ini sangat berat sehingga setiap manusia harus memiliki kemampuan mengelola alam semesta sesuai amanat yang diemban dari Sang Maha Kuasa.

Kakankemenag juga mengungkapkan bahwa, setiap manusia adalah pemimpin, ia akan dimintai pertanggungjawaban tentang apa yang dipimpinnya, seorang khalifah merupakan pemimpin bagi manusia, dan ia akan diminta pertanggungjawaban tentang mereka.

“Maka begitulah, QS. Al Baqarah ayat 30 menjelaskan bahwa setiap manusia adalah khalifah yang memimpin bumi sehingga akan dimintai pertanggung jawabannya nanti di hari kemudian,” tandas Kakankemenag.

Penulis Kasman

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex