- Kontributor
22 Juli 2021 0:0:0 253

Hari Kedua IdulAdha, Kemenag Donggala Melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban Tiga Ekor Sapi

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala, H. Rusdin, menghadiri pemotongan hewan qurban tiga ekor sapi pada hari kedua Idul Adha tahun 1442 H.


Donggala (Kemenag Sulteng),- Kementerian Agama Kabupaten Donggala di hari Raya Idul Adha atau hari Raya Qurban tahun 1442 H/2021 M, melakukan penyembelihan  hewan Qurban sebanyak  tiga ekor sapi pada hari kedua Idul Adha, di halaman Kantor Kemenag Donggala, Rabu(21 Juli 2021).

Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, mengungkapkan walau ditengah pandemi Covid-19, Alhamdulillah, Kemenag Donggala dapat melaksanakan pemotongan  hewan Qurban  tiga ekor sapi, hal ini bisa terwujud atas besarnya perhatian ASN Kemenag Donggala terhadap pelaksanaan Ibadah Qurban tahun 1442 H/2021 M.

Menurut H.Rusdin, bahwa Qurban merupakan salah satu ekspresi rasa syukur karena Qurban disejajarkan dengan shalat yang dilakukan untuk mewujudkan rasa terima kasih  manusia  kepada Allah  SWT,  atas segala pemberian nikmat Nya  yang besar  tak terhingga.

Pelaksanaan Qurban juga secara tersirat memperlihatkan sebuah pengorbanan sebagai ikrar pengabdian kepada Allah, sedangkan secara syariat Qurban itu diwujudkan dalam bentuk penyembelihan hewan Qurban yang dagingnya dibagikan kepada pihak-pihak  yang berhak menerimanya, ujarnya.

Tambah Rusdin, melaksanakan Qurban sejatinya tidak hanya tulus menyembelih hewan secara fisik, tapi juga menyembelih sifat-sifat hewani yang melekat pada diri kita, sifat kebinatangan yang kerap muncul  dalam bentuk penindasan hak-hak asasi  terhadap sesama manusia. Dalam  surah  al Kautsar, Qurban diperintahkan untuk mensyukuri nikamat dan Qurban merupakan simbolisasi rasa syukur dengan cara mengorbankan  sebagian harta yang kita miliki  untuk kemudian dibagikan sesuai ketentuan syariat.

Dua ayat  dari surah al Kautsar  itu memberikan pelajaran  bahwa dibalik  penderitaan  sesungguhnya ada nikmat tersembunyi, secara lahir kita hanya memandang  penderitaan tidak lebih dari cobaan atau siksaan, pada hal ketika seseorang sanggup menghadapinya dengan tulus dan penuh kesabaran ,sesungguhnya ada kekuatan amat besar yang sanggup merubah penderitaan menjadi  nikmat, tutur Rusdin.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex