- Kontributor
28 Februari 2023 0:0:0 149

Dua Siswa MAN 1 Banggai Lolos ke Semifinal KOSSMI 2023

Ket:


MAN 1 Banggai (Kemenag Sulteng) – Siswa MAN 1 Banggai atas nama Fadhilah ananta (Mapel Kimia) dan Deswinta sari (Mapel Ekonomi) Lolos ke babak semifinal Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KOSSMI) 2023.

Kedua siswa ini lanjut berkompetisi pada babak semifinal yang akan dilaksanakan  pada Hari Minggu tanggal 19 maret 2023 pukul 08.00 WIB s.d. selesai secara offline dengan menggunakan CBT (Computer Based Test) di lokasi mitra yang ditunjuk oleh Panitia KOSSMI 2023.

Kepala MAN 1 Banggai Muhammad Basri mengungkapkan sangat bangga, dan berterima kasih karena telah membimbing siswa hingga di final. Ia juga mengingatkan kepada guru bidang studi dan guru lainnya agar membantu dan mendampingi siswa untuk tetap fokus tapi tidak terlalu membebani siswa.

Basri menjelaskan, salah satu tujuan KOSSMI untuk memotivasi siswa muslim agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama. Selain itu, sebagai ruang belajar berkreatifitas, dan berprestasi.

Menurutnya KOSSMI digelar sebagai bentuk upaya  meningkatkan kualitas generasi muda Islam melalui kegiatan kompetisi yang sehat di bidang Sains dan Matematika.

MAN 1 Banggai kata Basri, mengutus enam siswanya pada babak penyisihan yang dilaksanakan tanggal 18-19 Februari 2023, secara daring. Kegiatan yang melibatkan peserta dari tingkat SD/MI,  SMP/MTs, dan SMA/MA ini berlangsung dengan tiga tahapan yaitu babak penyisihan, semi final dan babak final.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) jenjang SD-SMA dibagi menjadi 4 level kompetisi. Level 1 Ibnu SIna untuk kelas 1-3 SD/MI, Level 2 Al Khawarizmi untuk Kelas 4-6 SD/MI, Level 3 Jabir Ibnu Hayyan untuk kelas 7-9 SMP/MTs, dan  Level 4 Ibnu Haitham untuk Kelas 10-12 SMA/MA.

Betty Ardianarini pendamping/operator KOSSMI MAN 1 Banggai mengatakan bahwa enam siswa yang turut dalam kompetisi ini mewakili beberapa mata pelajaran (Mapel), yaitu Matematika, Geografi, Kimia, Biologi, Fisika, dan Ekonomi. Selain mapel tersebut, ada juga bidang Robotik namun pada tahun ini, MAN 1 Banggai belum mengutus pesertanya.

Kartini Z

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex