man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
27 September 2024 14:30:0 120

Siswi MAN 2 Kota Palu, Nailah Afifah Sukses Raih 2 Gelar Juara dalam Festival Bahasa Prancis se-Indonesia

Ket: Kepala MAN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi mengucapkan selamat kepada Siswi MAN 2 Kota Palu, Nailah Afifah yang sukses meraih 2 gelar juara dalam Festival Bahasa Prancis se-Indonesia


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Siswi Madrasah Aliyah Negeri  2 Kota Palu, Nailah Afifah berhasil mencatatkan prestasi dengan meraih 2 gelar juara dalam ajang Festival Bahasa Prancis se-Indonesia yang dilaksanakan di Universitas Hasanuddin Makassar pada 22 September 2024.

Festival Bahasa Prancis (Festival De Francais) di selenggarakan oleh Departemen Sastra Prancis Universitas Hasanuddin bekerjasama dengan Persatuan Pengajar Bahasa Prancis cabang Sulawesi Selatan dan Alliance Francais Makassar. Setidaknya 4 lomba digelar dalam ajang ini, diantaranya adalah: Epelle-Moi, Councours Rangking I, L’ Art Collage, dan Calligramme.  Lomba ini dibuka bagi peserta di seluruh Indonesia dengan kategori untuk pelajar dan mahasiswa. Adapun pelaksanaan lomba dari tanggal 20 September sampai dengan 23 September 2024.

Siswa MAN 2 Kota Palu, Nailah Afifah dengan didampingi oleh guru Bahasa Prancis, Herminingsih setidaknya mengikuti 3 dari 4 cabang yang dilombakan. Nailah berhasil meraih Juara 2 dalam Lomba Councours Rangking I. Nailah juga berhasil Juara I dalam cabang lomba secara tim, yaitu Calligramme. Dalam lomba ini, Nailah bekerjasama dalam 1 tim bersama mahasiswa Bahasa Prancis UNHAS Makassar.

Selain perlombaan, ajang Festival Bahasa Prancis ini juga menggelar kegiatan edukatif, diantaranya talkshow dengan para tenaga pendidik Bahasa Prancis di Indonesia. Herminingsih, sang guru pendamping berkesempatan menjadi pembicara dalam kegiatan yang bertema Optimaliser 5 sens dans l'enseignement du français à l'ère numérique.

Atas prestasi siswa binaannya tersebut, melalui pesan whatsapp, Herminingsih mengungkapkan rasa syukur dan kegembiraannya. Dirinya juga menyampaikan terima kasih atas dukungan moril dari orang tua Nailah serta dukungan yang telah diperolehnya dari Kepala MAN 2 Kota Palu.

Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan apresiasi atas capaian salah satu siswa madrasahnya tersebut. MAN 2 Kota Palu adalah satu-satunya madrasah di Provinsi Sulawesi Tengah yang menyelenggarakan pembelajaran Bahasa Prancis. Raihan prestasi ini merupakan salah satu realisasi dari capaian akhir pembelajaran sebagaimana yang diharapkan.

“Kami merasa bersyukur dan gembira atas prestasi yang telah diraih ananda Nailah. Hal ini tentunya dapat menunjukkan sejauh mana keberhasilan pembelajaran Bahasa Prancis di MAN 2 Kota Palu dapat dicapai. Semoga prestasi ini terus dapat ditingkatkan dan dilakukan pembinaan yang lebih intensif khususnya bagi siswa untuk mengembangkan skill dan bakatnya di bidang masing-masing. Insya Allah, madrasah siap memberikan dukungan terbaik bagi setiap upaya menuju prestasi,”  demikian pungkas Syamsu.

 

(neea) 


Editor: -
Fotografer: man2kotapalu Nihayati Rugaiyah

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex