- Kontributor
14 April 2019 0:0:0 728

Dialog Lintas Agama, Ikhtiar Kemenag Poso Jaga Kerukunan Di Kecamatan Lore Tengah

Ket: Foto Bersama Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh Arief, Camat Lore Tengah, Sam Lantawa, Bersama Dengan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh PemudaSelesai Acara Dialog Lintas Agama


Poso ( Humas Kemenag ) – Ikhtiar menjaga dan meningkatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama menjadi tugas Kementerian Agama yang harus dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal ini di buktikan oleh Kemenag Kabupaten Poso dengan menggelar dialog lintas agama di Baruga Desa Doda Kec Lore Tengah, Sabtu, (13/04/2019).

Sambutan Camat Lore Tengah, Sam Lantawa, “Kami merasa bangga dan bahagia hari ini Kemenag hadir ke daerah kami yang lumayan jauh dari ibukota untuk melaksanakan kegiatan Dialog Lintas Agama. Terima kasih Kemenag Kabupaten Poso,” ujarnya.

“Kegiatan dialog ini sangat penting, mudah-mudahan kerukunan umat beragama betul-betul terbangun dengan baik, baik itu internal maupun antar umat beragama,” sambungnya.

. Menurut Sam Lantawa, kerukunan umat beragama masyarakat Tampo Behowa sangat baik sehingga kondisinya kondusif. “Peran Kementerian Agama saat ini sangat membantu pemerintah daerah,” ujar Sam Lantawa.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Poso, H. Makmur Muh Arief mengatakan bahwa pilihan lokasi ini menjadi komitmen dirinya untuk ikut meningatkan kualitas kehidupan dan kerukunan umat beragama, sekaligus menyapa masayarakat di Kecamatan yang terjauh.

“Kami sengaja hadir di Desa Doda ini untuk sama-sama meningkatkan kualitas kehidupan beragama sekaligus menyapa masyarakat di daerah paling jauh dari ibu kota Kabupaten Poso,” terangnya.

Dalam kesempatan ini pula, Kakan Kemenag Kab. Poso H. Makmur Muh Arief mengajak tokoh masyarakat Kecamatan Lore Tengah untuk memperkuat sinergi dalam menjaga kerukunan umat beragama, baik internal agama maupun antar umat beragama. Karena menurutnya, keberadaan tokoh agama, pemuka agama, dan majelis agama sangat penting dan strategis di tengah umat, khususnya dalam menjaga persaudaraan.

“Mari Tebarkan kedamaian dan jaga persaudaraan sesama kita. Mari rawat kerukunan umat beragama di tempat kita. Dalam perbedaan ini, jagalah kebersamaan, masing-masing berjalan di atas keyakinan. Kalau ada perbedaan dalam internal umat beragama, lakukan musyawarah dan jangan menjadi sumber Konflik,” ujar Kakan Kemenag.

Selesai acara pembukaan Dialog Lintas Agama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Poso menyerahkan sertifikat Arah Kiblat Masjid Al-Ijtihad dan Mushollah Dedi Nurhadi kepada Imam Masjid Al-Ijtihad Bpk. Mansur Kodi dan Kepada Kepala KUA Lore Tengah yang di dampingi oleh Camat Lote Tengah dan Kapolsek Lore Tengah. (Humas Poso)

 

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex