KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
kemenagparigi H. Mohamad Ahdal, S. Fil. I Kontributor
17 April 2024 19:30:0 21

Camat Bolano Lambunu Buka Manasik Haji di Wilayah Zona 2

Ket: Camat Bolano Lambunu Buka Manasik Haji di Wilayah Zona 2


 

 

Parimo (Kemenag Sulteng) - Sebanyak 40 orang Jamaah Haji mengikuti Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan di Zona 2, bertempat di Aula Gedung Kantor Kecamatan Lambunu, Rabu 17 April 2024.

Kegiatan manasik haji pada wilayah zona 2 dibuka oleh Kepala Wilayah Kecamatan (Camat) Bolano Lambunu Shadiq Hamzah didampingi Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Bolano Lambunu H. Hamzah. 

Dalam sambutannya Camat Bolano Shadiq Hamzah mengapresiasi lembaga Kementerian Agama melalui Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah, yang terus mempermudah jama'ah dengan melaksanakan Haji di wilayah kecamatan.

Bimbingan Manasik Haji adalah kewajiban Pemerintah untuk memberikan pengetahuan kepada jama'ah haji, agar memiliki bekal saat melakukan proses ibadah, mulai berangkat dari Indonesia hingga menuju ke Tanah Suci Makka dan Medinah di negara Saudi Arabia.

Shadiq mengungkapkan dengan di selenggarakannya kegiatan Bimbingan Manasik Haji ini, tentu mempunyai maksud dan tujuan yakni untuk membekali jamaah calon haji dengan bekal ilmu pengetahuan khususnya yang berhubungan  langsung terkait seluruh rangkaian peroses perjalanan ibadah haji.

Hal tersebut tak lain adalah pemerintah berharap, semua Jamaah Calon Haji dapat melaksanakan prosesi haji dan umrah secara mandiri guna meraih haji mabrur dan mabrurah.

Sementara itu Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Bolano Lambunu Hamzah menyampaikan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamtan di wilayah kabupaten Parigi Moutong dibagi menjadi 2 zona.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi syarat pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji kecamatan yaitu minimal 40 orang jemaah haji. Pembagian zona terdiri dari zona 1 meliputi kecamatan Sausu s/d kecamatan Sidoan dan zona 2 dari kecamatan Tinombo s.d. Moutong. 

Selanjutnya Hamzah yang juga dipercayakan oleh pihak Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong sebagai Ketua panitia bimbingan Manasik Haji di wilayah zona menjelaskan kegiatan tersebut, dipusatkan di kecamatan Bolano Lambunu dengan pertimbangan bahwa jumlah jamaahnya lebih banyak dari kecamatan yang lain, di wilayah Zona 2 yakni berjumlah 18 orang jamaah.

Materi yang disampaikan dalam manasik itu, adalah yang berkaitan dengan proses ibadah haji. Baik yang sifatnya rukun haji, wajib haji, sunnah haji dan umrah. 
Diterangkan juga hal-hal yang dapat membatalkan atau merusak keabsahan,  kesempurnaan, dan pahala ibadah haji. 

Hamzah mengharapkan semoga dengan digelarnya bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan para jama'ah haji akan benar-benar dapat melaksanakan seluruh rangkaian proses ibadah haji secara mandiri,  sempurna demi meraih predikat haji mabrur dan mabrurah.

Kegiatan bimbingan manasik haji untuk wilayah zona 2 dilaksanakan sebanyak delapan kali, yang dibagi kedalam 2 tahap yaitu tahap pertama telah dilaksanakan pada tgl 4 s.d.7 Maret 2024. Kemudian tahap kedua dilaksanakan tanggal 17 s.d 20 April 2024. (Ancha/Ahdal)

 

 

Tags terkait: Haji
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex