- Kontributor
5 Januari 2021 0:0:0 238

HAB Ke-75, Kemenag Tolitoli laksanakan upacara di empat Zona

Ket:


Tolitoli (Kemenag Sulteng) - Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju. tanpa kerukunan akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar  dengan bangsa lain di dunia.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Muchlis saat membacakan sambutan tertulis Menteri Agama pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB)  Kementerian Agama RI Ke-75, Selasa (5/1/2021).

Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama tokoh agama, para Menteri Agama dan para aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa, ungkap Menag.

“Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan. Toleransi dan kerukunan antarumat beragama dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama,” jelasnya.

Lebih jauh Menag mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kementerian Agama baru tersebut diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusian.

Selanjutnya Kakankemenag juga mengatakan bahwa  Pelaksanaan upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 75 dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli kali ini berbeda pelaksanaannya dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang mana pada tahun ini, upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI dilingkungan Kantor Kemenag Tolitoli dibagi kedalam empat Zona karena mengingat pandemi Covid -19 yang semakin meningkat.

Zona Pertama bertempat Di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli, Zona dua bertempat di MAN Tolitoli, Zona tiga di MTsN 2 Tolitoli dan Zona empat di MTsN 1 Tolitoli.

Kegiatan Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 75 di Kantor Kemenag Tolitoli Kabupaten Tolitoli dihadiri Kepala Subbag TU, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA, DWP Kemenag Tolitoli, Purnabakti Kemenag Tolitoli serta seluruh Pelaksana di Kantor Kemenag Tolitoli.

Upacara HAB Kementerian Agama RI di Kantor Kemenag Tolitoli tetap berpedoman pada protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (Suherman).

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex