- Kontributor
10 Oktober 2022 0:0:0 265

Upacara Peresmian Pura Agung Tirtha Nadi Desa Laantula Jaya Morowali Telah digelar

Ket:


Morowali (Kemenag Sulteng) – Kemenag dan FKUB Kabupaten Morowali menghadiri peresmian Pura Agung Tirtha Nadi Desa Laantula Jaya, Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali, Minggu (9/10/22).

Upacara Ngeteg Linggih Pura Agung Tirtha Nadi, Desa Laantula Jaya di puput oleh Ida Pedanda Gede Suksuk Manuaba dari Twinansa Poso. Upacara Ngenteg Linggih ini terdiri dari beberapa serangkaian acara, yaitu upacara Melaspas atau penyucian bangunan berupa Padmasana, Meru, Penunggu Karang dan Talud sungai, serta kolam yang baru selesai dibangun. Kemudian, Upacara Ngenteg Linggih dari semua bangunan yang ada di Pura Agung Tirtha Nadi, “ papar Subadi selaku ketua Panitia.

Sementara itu Ketua PHDI Kab. Morowali I Gede Wija, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasi kepada Umat Hindu Pura Agung Tirtha Nadi Desa Laantula Jaya karena acara ini merupakan tempat ibadah Agama Hindu yang pertama di Morowali yang dapat melaksanakan upacara Ngenteg Linggih selama kurang lebih 36 Tahun Agama Hindu di Morowali ini.  "Tentu ini merupakan wujud kerja keras dan persatuan umat yang sangat luar biasa," ungkapnya. 

Bupati Morowali diwakili oleh Staf Ahli bagian kesra Abdul Malik, menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati sedianya beliau akan hadir namun karena alasan yang mendesak akhirnya saya diminta menggantikan beliau.

Dalam sambutannya, Malik menyampaikan pemerintah Daerah sangat mendukung keberagaman suku, agama dan budaya di Kabupaten Morowali. Menurutnya, keberagaman tersebut merupakan suatu kekuatan besar membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pengguntingan pita, penandatanganan prasasti serta ditutup dengan pemukulan Gong. Pertanda telah diresmikannya Pura Agung Tirtha Nadi Desa Laantula Jaya.

Upacara ini dihadiri Kabag Kesra Kab. Morowali, Amin Cega; Perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, Zainul Nanang, Sekretaris FKUB Kab. Morowali, Nanang Winardi, Anggota DPRD Morowali, Camat Wita Ponda, Kapolsek, Babinsa, Kepala Desa Laantula Jaya dan tamu undangan lainnya.

By. Humas Morowali

 

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex