- Kontributor
7 November 2022 0:0:0 69

Kemenag Parimo Laksanakan Workshop Implementasi Pendampingan Madrasah

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng)- Kementerian Agama kabupaten Parigi Moutong melalui Seksi Pendidikan Agama Islam menggelar Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah Tingkat kabupaten Parigi Moutong tahun 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Subbagian Tata Usaha KanKemenag Parimo Deddy Sidiki, didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam H. Mappeasse dan Pengawas Madrasah Fadlan, Senin 7 November 2022 di aula lantai dua gedung PLHUT Kemenag Parimo.

Kasubbag TU mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam kenal kepada seluruh Kepala Madrasah yang hadir.

Menurutnya Workshop Pendampingan Implementasi Penilaian Madrasah adalah kegiatan resmi pertama yang dihadirinya di lingkungan Kemenag Parimo sejak dilantik pada jumat 28 oktober lalu.

Dia mengungkapkan dengan terlaksananya workshop ini diharapkan bapak/ ibu kepala madrasah dapat mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan akreditasi madrasah, agar di masa depan sudah tidak ada lagi madrasah di kabupatern parigi Moutong yang mendapatkan nilai TT.

Deddy meminta kepala madrasah dapat mengembangkan madrasahnya utamanya pada bidang kewirausahaan sehingga madrasah yang berstatus swasta bisa menjadi mandiri dalam hal standar pembiayaan.

Kepala madrasah juga hendaknya selalu melakukan suvervisi pada guru, karena hal tersebut merupakan bagian dari penilaian kinerja guru, jelasnya.

Sementara itu Pengawas Madrasah Fadlan sebagai salah satu pemateri menyampaikan bahwa Implementasi Penilaian Madrasah terdiri dari 

1.Akreditasi madrasah yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional yang meliputi 8 Standar Nasional Pendidikan.

2.Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) berdasarkan kep.dirjen pendis No.1111 Tahun 2019 yang terdiri dari usaha pengembangan madrasah, Pelaksanaan tugas manajerial, Pengembangan kewirausahaan, Supervisi guru dan tenaga pendidik.

3.Penilaian Kinerja guru berdasarkan kep.dirjen pendis No.1843 Tahun 2021 PKG menilai komponen Pedagogik, Kepribadian Sosial dan Profesional.

Workshop di ikuti oleh 38 Kepala Madrasah baik itu negeri maupun swasta dari kecamatan Sausu sampai dengan kecamatan Tinombo Selatan.

by. (Ahdal)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex