- Kontributor
23 Oktober 2021 0:0:0 152

Melalui Hari Santri Tingkatkan Semangat Penerus Perjuangan Ulama Di Ponpes Nahdlatul Khairaat

Ket: Asisten Gubernur Bidang Ekonomi, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi, Pembina Ponpes Nahdlatul Khairaat Labuan dan Kasi Bimais Kemenag Donggala hadiri Upacara hari santri di lapangan ponpes Nahdlatul Kairaat Labuan


Donggala (Kemenag Sulteng )  Pelaksanaan  Upacara Peringatan  Hari Santri  tahun 2021 di Lapangan  Pondok Pesantren  Nahdlatul Kairaat Labuan, dihadiri oleh Pembina Ponpes Nahdlatul Kairaat Labuan, H. Mohsen,  Asisten Gubernur Bidang Ekonomi, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Hj. Nilamsari Lawira, dan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Darwin Panessai, mewakili Kepala Kantor Kemenag Donggala,  Jum’at (22/10-2021)

Dalam arahannya, Asisten Gubernur Bidang Ekonomi, menyampaikan  bahwa  maksud tema Santri Siaga Jiwa  Raga adalah bentuk pernyataan  sikap santri  Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan  jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan  persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia, terangnya.

Lanjut Asisten Gubernur,  bahwa  Siaga Jiwa  berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak , berpegang  tuguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta teradisi luhur bangsa Indonesia,  sementara  siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia, karena  itu santri tidak perna lelah dalam berusaha  dan terus berkaya untuk Indonesia, ungkapnya.   

Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk  dari tradisi pesantren  yang tidak hanya mengajarkan  kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs yaitu mensucikan  jiwa dengan cara digembleng  melalui berbagai  tarikat  lahir  dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, tuturnya.  

Pada kesempatan yang sama, Pembina Ponpes Nahdlatul Khairaat Labuan, H.Mohsen, berpesan kepada santri untuk terus menjaga semangat dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, karena bangsa Indonesia kedepan  akan diserahkan kepada  generasi muda saat ini, manfaatkan kesempatan belajar  di  Pondok pesantren  Nahdlatul Khairaat Labuan ini, sebagai bentuk rasa syukur  kita, ujarnya.

"Karena  kedepan, kalianlah yang akan meneruskan  perjuangan para ulama  dan santri sebagai garda terdepan  membangun bangsa Indonesia, kalian lah yang  akan berkontribusi  memperjuangkan  kemajuan  Indonesia,  rauplah  ilmu pengetahuan  dan pengalaman sebanyak-banyaknya", tuturnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex