Lilis Basira Kontributor
15 Januari 2024 15:4:0 87

Kemenag Sulteng Dorong Siswa Madrasah Lanjut Kuliah di UIN DK

Ket: Kakanwil memberikan sambutan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN DK 2024


 

Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha mengatakan pihaknya turut mendorong para siswa alumni madrasah di Sulteng untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UIN Datokarama. 

Hal ini disampaikan Ulyas saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 yang terletak di Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

“Apalagi ada kemudahan dan beasiswa yang diberikan, maka hal ini menjadi kesempatan emas bagi masyarakat Sulteng kuliah di UIN Palu,” katanya.

Kandidat doktor UIN Datokarama ini mengaku pihaknya akan mendukung penuh upaya peningkatan jumlah mahasiswa UIN Datokarama.

“Alumni madrasah di wilayah Sulteng tidak perlu ragu untuk kuliah di UIN Datokarama,” ucapnya dihadapan para siswa MAN 1 Kota Palu, Senin 15 Januari 2024.

Menurutnya, UIN tidak hanya fokus pada pengembangan pengetahuan, tetapi juga kompetensi keterampilan, agar kelak tidak menganggur pasca kuliah.

Kegiatan ini merupakan upaya sinergi yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah dalam menyosialisasikan PMB Tahun 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir mengatakan, PMB 2024 dilakukan harus bersinergi dengan multi pihak. “Dan Kanwil Kementerian Agama menjadi satu mitra strategis UIN Datokarama,” ujarnya.

UIN Datokarama saat ini tengah berupaya agar para lulusan perguruan tinggi tersebut tidak menjadi pengangguran di masyarakat. Sehingga dalam penyelenggaraan akademik, lebih mengarah pada pembangunan kompetensi kewirausahaan atau kemampuan mahasiswa berusaha.

Saat ini penerimaan mahasiswa baru di UIN Datokarama telah dimulai diawali dari jalur penerimaan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dalam seleksi ini, terdapat tiga program studi umum yang dapat didaftar oleh masyarakat yaitu program studi informatika, sistem informasi dan arsitektur.

Sosialisasi itu juga diikuti ratusan siswa kelas XII yang berasal dari enam Kelompok Kerja Madrasyah (KKM) naungan MAN 1 Palu.

Dalam kegiatan tersebut, Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir mempersembahkan sebuah lagu dengan memainkan gitar. Para siswa terhibur dengan bernyanyi bersama dalam kegiatan tersebut.

 

 

 


Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex