- Kontributor
10 November 2023 0:0:0 119

Workshop Penyusunan UKBM Madrasah Layanan SKS di MTsN 1 Kota Palu

Ket: Foto Peserta Workshop Bersama Kasi Pendis, Kepala Madrasah, Wakamad dan Dewan Guru (10/11/2023)


Palu (Kemenag Sulteng), Workshop dengan tema Penyusunan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Madrasah Layanan Sistem Kredit Semester (SKS) Tahun Pelajaran 2023-2024 yang bertempat di Ruang Diklat MTsN 1 Kota Palu.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai tanggal 10 s/d 11 November 2023 yang bertujuan sebagai peningkatan kualitas pendidikan yang terdapat pada MTsN 1 Kota Palu namun lebih di khususkan pada pengembangan program SKS yang telah ada. Workshop dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam kantor Kementerian Agama Kota Palu. (10/11/2023).

Kepala Seksi Pendis Irsan, S.Ag, M.Pd.I, dalam sambutannya menyampaikan bahwa diantara misi Kementerian Agama dalam Pendidikan yaitu Meningkatkan layanan pendidikan yang bermutu serta meningkatkan produktifitas tenaga pendidik, menyahuti semua ini di tuntut kita meningkatkan kwalitas sebagai pendidik.

Ia juga mengapresiasi langkah cepat MTsN 1 Kota Palu dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintah. "Kami berharap seluruh peserta workshop untuk mengikuti rangkaian maupun tahapannya agar materi yang disampaikan oleh narasumber bisa diterima secara utuh dan holistic. Olehnya dalam kesempatan ini kita tunjukkan sebagai guru yang tidak mau ketinggalan dengan perubahan serta bekerja sama dalam memajukan Madrasah dan meningkatkan prestasi siswa siswi Madrasah, ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Kota Palu mengungkapkan bahwa workshop pada kesempatan ini merupakan sebuah upaya follow up dari penerapan program SKS yang telah dilaksanakan oleh MTsN 3 Malang dan MTsN 1 Malang yang beberapa waktu lalu pernah di lakukan Studi Tiru, namun selain itu juga sebagai penyempurnaan agar on the track sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, salah satunya pada Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Selain itu Hj. Rusdiana menambahkan bahwa program SKS tersebut bukan sebagai antitesis dari kelas akselerasi maupun PDCI yang pernah ada, namun lebih pada penyempurnaan sebagai upaya mengikuti perkembangan zaman. Menanggapi pelaksanaan workshop Kepala Madrasah merasa tersanjung terhadap kehadiran pejabat Kementerian Agama Kota Palu beserta seluruh Dewan Guru, dalam kesibukannya masing-masing menyempatkan waktu untuk mengikuti Workshop yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Matsanesa,” pungkasnya.

 

*Supardi

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex