- Kontributor
7 April 2022 0:0:0 719

Siswa MAN IC Kota Palu Kembali Raih Prestasi Nasional

Ket: Kepala Man IC Palu Soim Anwar


(MAN IC Kota Palu), Kabar bahagia tengah dirasakan keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Kota Palu. Pasalnya, dua siswa berprestasi di tingkat nasional pada event Olimpiade Sains dan Statistika Nasional (OSSN 2022), kedua siswa tersebut adalah Rasya Auliani yang masih duduk dibangku kelas (X) sepuluh peraih medali emas dan Rifqi Alan Maulana medali perak. Rabu (29/03/2022).                                                            

Ajang OSSN dikenal dengan sebutan Olimpiade Sains dan Statistika Nasional adalah ajang kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA serta yang sederajat di seluruh Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek). Bidang yang di lombakan pada event ini adalah Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kebumian, Kimia, Komputer, Matematika, Bahasa Inggris dan Statistika. Siswa yang berpartisipasi pada ajang ini adalah siswa-siswi dari berasal dari Kabupaten/Kota di masing-masing provinsi yang telah dinyatakan lolos seleksi.

Olimpiade Sains dan Statistika Nasional (OSSN 2022), bertemakan “berbagi ilmu dan menebar pengalaman dalam bingkai Inovasi untuk Negeri”, mencari solusi terbaik dari hal yang tak biasa menjadi biasa mencari cara, metode, langkah dan penyelesaian yang lain dan kreatif untuk mencapai tujuan. OSSN diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok negeri. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi nasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat nasional maupun internasional.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu, Soim Anwar menyebutkan bahwa melalui event Olimpiade Sains dan Statistika Nasional (OSSN 2022). ini, diharapkan siswa-siswi memperoleh prestasi dan menjadikan tingkat kemandirian siswa dalam proses pembelajaran semakin baik, selain itu bisa memberi motivasi pada siswa-siswi dalam mengembangkan kreativitas, di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. “Jangan berhenti sampai di sini tetaplah berkreasi dan berinovasi menunjukkan telanta mengharumkan nama baik Madrasah di Sulawesi Tengah dan Madrasah di Kota Palu pada khususnya” Ujar Soim.

Pimbimbing Olimpiade Sains dan Statistika Nasional, Moh. Sidik menuturkan kedua siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu ini masih duduk di bangku kelas X “kami bangga dan bersyukur atas prestasi siswa bimbingan ini, selain karena masih duduk di bangku kelas X mereka juga siswa kelas X pertama yang berhasil meraih medali olimpiade nasional. Usia yang masih sangat mudah namun sudah menorehkan prestasi.”terang sidik.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex