- Kontributor
25 November 2021 0:0:0 214

Plh. Kakankemenag Ansar Buka Sidang Sinode GPIBK Klasis Banggai Laut

Ket:


Banggai Laut (Kemenag Sulteng) - Kahadiran Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Ansar disambut hangat oleh Jemaat Kalvari Kelapa Lima pada Pelaksanaan Sidang Sinode GPIBK Klasis Banggai Laut, Selasa (23/11/21). di Gereja Jemaat Kalvari Kelapa Lima Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut.

Penyambutan Plh. Kakankemenag Ansar diawali dengan penyematan pengalungan bunga bersama dengan Ketua Sinode GPIBK Pendeta Anasir Suayong dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Banggai Laut Taufik Malida.

Ketua GPIBK Pdt. Anasir suayong dalam sambutannya menyampaikan bahwa sidang tahunan ini merupakan sebuah langkah Gereja untuk melakukan pembinaan spritual keumatan dalam hal ibadah, hutbah, ceramah dan sebagainya.

Gereja juga harus memiliki tanggung jawab bersama pemerintah dalam pembangunan, masalah sosial, kemiskinan, ekonomi dan kesehatan. sambungnya

Sementara itu, Ketua FKUB Taufik Malida dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kerukunan antar umat beragama dan sikap toleransi harus senantiasa dijaga dalam kehidupan bermasyarakat demi mempertahankan keutuhan bangsa. rasa persaudaraan bisa direkatkan dengan menguatkan empati sesama karena hal tersebut diyakini mampu menimbulkan suasana kehidupan yang harmonis dan penuh perdamaian ditengah berbagai keberagaman yang ada.

Selain itu, Ia juga menjelaskan beberapa hal mengenai peran, tugas dan fungsi utama FKUB yang berada di kabupaten.

Plh. Kakankemenag Ansar dalam sambutannya mengatakan Sinode GPIBK mempunyai peran strategis dalam melakukan pembangunan bangsa, khususnya dalam memberikan pembinaan kerohaniawan umat.

Lanjutnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama mencanangkan bahwa tahun 2022 adalah tahun Moderasi beragama diera Mordenisasi.

"Moderasi beragama diera mordenisasi sebagai jalan tengah dalam mencegah terjadinya paham radikal di masyarakat. sikap saling menghormati antar pemeluk agama merupakan suatu keharusan yang dijalankan sebagai sikap pluralisme " pungkasnya

Melalui kesempatan ini, Ansar mengajak kepada semua peserta sidang terutama kepada Pimpinan Gereja dari semua denominasi gereja, khususnya MPH Klasis Banggai Laut agar setiap permasalahan digereja dapat diatasi dengan baik sehingga tercipta kerukunan Intern umat beragama yang baik didaerah yang kita cintai ini Banggai Tanomonondok.

Sebelum mengakhiri sambutan Plh. Kakankemenag Ansar membuka secara resmi Sidang Sinode GPIBK klasis Banggai Laut yang ditandai dengan pemukulan Gong didampingi oleh Penyelenggara Kristen Kemenag Banggai Laut, Ketua Sinode GPIBK dan Ketua FKUB Banggai Laut.

 

By.(MH)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex