- Kontributor
13 November 2021 0:0:0 136

Kakankemenag Palu Harap MTQ Ke 26 Jadi Motivasi Bangun Kepribadian Umat

Ket: suasana penutupan MTQ Ke-26 Tingkat Kota Palu


Palu (Kemenag Sulteng) — Wakil Walikota Palu Reny A Lamadjido secara resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-26 tingkat Kota Palu pada Kamis, (11/11/2021). Penutupan belangsung di halaman Masjid Jami’ Al-Amin, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Dalam sambutanya Wawali Reny mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat dalam membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Sehingga Al-Qur’an dapat benar-benar menjadi pedoman hidup bagi umat Islam terutama bagi anak-anak dan generasi muda.
“Pada malam penutupan ini, saya harapkan situasi kebersamaan ini dapat mempererat ikatan silaturahmi antar kafilah, official, dan para pendukung. Inilah kebersamaan yang kita harapkan untuk mewujudkan Palu Religi,” tuturnya.

Reny berpesan bagi peserta yang telah berhasil juara, agar dapat meningkatkan kemampuan dan prestasinya. Bagi yang belum mendapat juara agat terus belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya di masa mendatang.

Dari gelaran MTQ yang bertemakan  “Aktualisasi Nilai-nilai Al-Qur’an dalam Bingkai Bergerak Bersama Menuju Palu Religi” , tuan rumah Kecamatan Palu Selatan berhasil meraih juara umum  dengam total nilai 104. Diikuti oleh Kecamatan Tatanga di posisi kedua dengan nilai 78 dan Kecamatan di posisi dengan nilai 51. 

Sementara itu saat Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu yang juga memberikan sambutan mengatakan, pelaksanaan MTQ memiliki makna yang sangat penting dan sarat dengan nilai-nilai sakral yang perlu diambil ambil dan direnungkan dalam kehidupan sehari-hari. 
”Karena dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti pentingnya ajaran Al-Qur'an yang harus kita jadikan sebagai motivasi dasar dalam membangun kepribadian umat islam dewasa ini,” ungkap Nasruddin.

Nasruddin menambahkan, momentum MTQ ini bukan hanya sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata. Melainkan lebih dari pada itu, gelaran ini juga sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai islami dalam rangka menyongsong pembangunan, untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

Pada malam penutupan ini, pemkot juga mengumumkan tuan rumah gelaran MTQ ke-27 tingkat Kota Palu tahun 2022 mendatang, yakni Kecamatan Palu Timur. Dimana perhelatanya akan digelar pada September 2022.

(Fuad)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex