- Kontributor
9 November 2022 0:0:0 50

Kakankemenag Harap Guru Semakin Profesional Melalui Program PKB MGMP Tingkat MTs Se Kota Palu

Ket: Kakankemenag Kota Palu, saat memberikan sambutan arahan sekaligus materi kegiatan program PKB MGMP Bahasa Indonesia Tingkat MTs Se Kota Palu


Palu (Kemenag Sulteng) -- Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan mutu pendidikan di sekolah atau madrasah. Meningkatkan komitmen guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional.

Hal ini diungkapkan Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, sekaligus memberikan sambutan dan arahan pada pembukaan kegiatan pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia tingkat Madrasah Tsanawiyah Se Kota Palu. Bertempat di MTs Negeri 2 Kota Palu, Rabu (9/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pokjawas Alfian, Pengawas Pembina Madrasah Harsono, Kepala MTs Negeri 2 Kota Palu, Ketua MGMP Bahasa Indonesia, dan 32 peserta guru Bahasa Indonesia tingkat Madrasah Aliyah sebagai peserta yang dibagi dalam dua wilayah. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 9-21 November 2022.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia sekaligus panitia, dalam laporannya mengatakan bahwa guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan yakni menciptakan insan yang cerdas dan kompetitif.

Selain itu, Ia mengatakan profesi guru harus dihargai sebagai profesi yang bermartabat, konsekuensi dari profesi guru tersebut adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Selain itu, guru sebagai learning agent (agen pembelajaran) yaitu guru berperan sebagai fasilitator, motivator, pemberi inspirasi, dalam pembelajaran bagi peserta didik.

Sementara itu, Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu dalam sambutannya mengatakan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dalam rangka meningkatkan kemampuan, kompetensi guru, pedagogik, sosial, kepribadian serta profesional dalam melaksanakan tugas profesinya.

“Salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru, melalui implementasi proyek Realizing Education Promise: Support to Indonesia Ministry of Religious Affairs for Quality of education (Madrasah Education Quality Reform) yang disingkat REP-MEQR, sebagai program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama,” ungkap Kakankemenag.

Menurutnya, arah pembangunan bidang pendidikan madrasah mampu menghasilkan lulusan yang islami, unggul dalam ilmu pengetahuan, bersikap mandiri, dan berwawasan kebangsaan, dengan proses penyelenggaraan yang bertumpu pada prinsip good governance dan pemberdayaan masyarakat agar sanggup menyediakan layanan pendidikan bagi seluruh masyarakat indonesia.

“Guru harus memiliki komitmen melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga profesional, memperkuat ciri khas keagamaan dan life skills sebagai faktor keunggulan satuan pendidikan Islam. Melalui program PKB dapat memfasiltasi guru untuk terus meningkatkan kompetensi sesuai profesinya,” jelasnya Nasruddin.

Ia menyebut, guru dituntut untuk cerdas secara spiritual, cerdas secara emosional dan sosial, serta cerdas secara intelektual, sehingga menjadi guru ideal, yang punya kualifikasi, komitmen dan bertanggung jawab, serta memiliki kompetensi sebagai pendidik.

“Untuk menghadapi era global konteks kekinian, peran guru tidak hanya sebagai wahana transfer ilmu pengetahuan, tetapi sebagai penghasil sumber daya manusia seutuhnya,” pungkas Nasruddin.

Penulis Kasman

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex