- Kontributor
30 November -1 0:0:0 436

Rapat Pokjawas, Kepala Kemenag Donggala Arahkan Persiapan Ujian Madrasah di era pandemi

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, didampingi oleh Ketua Pokjawas Moh. Veldi Tohopi, memberikan Arahan Rapat Pokjawas persiapan Ujian Madrasah


Donggala (Kemenag Sulteng) - Rapat Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas)  setiap bulan berjalan  merupakan agenda rutin  Pokjawas yang dihadiri oleh Kepala  Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin,  didampingi  Ketua  Pokjawas    Moh. Veldi Tohopi, di Aula Kemenag, kamis  (18/2-2021)

Dalam arahannya, H. Rusdin mengatakan, bahwa menindaklanjuti SK Dirjen  No 752 tahun 2021 tentang Prosudur Operasional  Standar Penyelenggaraan Ujian  Madrasah  tahun pelajaran  2020/ 2021, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam  Kemenag RI, telah menyusun kisi-kisi Ujian Madrasah  kelompok  mata pelajaran pendidikan  agama Islam  dan  Bahasa Arab  jenjang MI, MTs dan MA/MAK.

Kakankemenag, menjelaskan kisi-kisi  tersebut  yaitu kisi-kisi  Ujian Madrasah  meliputi mata pelajaran  Qur’an  Hadits, Akidah Ahlak, Fiikih, SKI  dan Bahasa Arab untuk  jenjang MI, MTs, dan MA/MAK, kisi-kisi Ujian Madrasah tersebut  berfungsi untuk memberikan  panduan dan membantu guru Madrasah  dalam menyusun  soal Ujian Madrasah  kelompok mata pelajaran  PAI dan Bahasa Arab di Madrasah.

Kisi-kisi disusun dengan mengacu pada KMA  No 183 tahun 2019  tentang  kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab dan guru dalam menyusun  soal  dapat memilih  dari 60  kisi-kisi  pada setiap jenjang  yang telah disiapkan oleh  Kementerian Agama  dan selanjutnya disesuaikan  dengan kondisi masing-masing Madrasah.

H. Rusdin, juga menyampaikan  bahwa penyusunan  soal agar mempertimbangkan  situasi pandemi covid -19, sehingga tingkat  kesulitan dan level kognitif  soal yang dikembangkan dapat menyesuaikan kondisi pembelajaran  yang berlangsung selama ini di setiap Madrasah.

Pelaksanan  Ujian di setiap sekolah  apakah dengan tatap muka atau daring itu ditentukan oleh  setiap Kepala  Madrasah, dengan  meminta rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan  Satgas  Covid-19 dari Puskesmas setempat, tutup Kepala Kemenag.

Sementara itu, ditempat yang sama Moh. Veldi Tohopi, mengatakan bahwa untuk menghadapi  pelaksanaan Ujian  Madrasah, diharapkan para pengawas proaktif melakukan pembinaan dan bimbingan di masing-masing sekolah binaan  untuk melakukan langkah-langkah menghadapi Ujian dan juga  tetap memperhatikan situasi perkembangan covid-19  di lingkungan  Madrasah.

Kegiatan  tersebut dihadiri semua  para  Pengawas  Madrasah yang ada di Lingkungan Kantor Kemenag Donggala, kata Ketua Pokjawas Kemenag Donggala.  (humas) 

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex