- Kontributor
25 Juli 2021 0:0:0 158

Kemenag Donggala Di Hari Raya IdulAdha Menyembeli Hewan Qurban Enam Ekor Sapi Dan Dua Kambing

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, menyaksikan penyembelihan hewan Qurban sapi di halaman Kantor Kemenag Donggala


Donggala ( Kemenag Sulteng ) Kementerian Agama Kabupaten Donggala, pada pelaksanaan hari Raya Idul Adha  tahun 1442 H/ 2021 M, telah menyembelih  hewan Qurban sebanyak enem ekor sapi dan dua ekor kambing, ungkap Kakankemenag Donggala H.Rusdin, baru-baru ini di ruang kerjanya.(23/7).

H.Rusdin, mengatakan bahwa makna Qurban untuk menunjukkan kesedian setiap umat Islam untuk menyerahkan harta mereka yang paling berharga  dan menunjukkan  pengorbanan  keterikatan pada keinginan  material, harta benda  dan hal-hal  lain untuk pengabdian  yang lebih besar  kepada Allah swt.

Lanjut Rusdin, bahwa kisah Idul Adha memiliki tempat khusus di hati  semua orang muslim, penuh dengan kebijaksanaan dan simbolisme,di dalamnya terdapat kisah tentang  Nabi Ibrahim yang berulang kali bermimpi menyembeli  putranya  Ismail yang saat itu berusia  13 tahun.

Hal ini sebagai tanda  bahwa Allah swt, meminta untuk membuktikan Imannya dengan menunjukkan kesedian mengorbankan  hal yang paling berharga  bagi Nabi Ibrahim yaitu nyawa Putranya, Ismail melihat hal ini sebagai kehormatan tertinggi, Ibrahim membawa putranya  Ismail ke puncak  Gunung Arafah untuk tunduk kepada perintah Allah swt.  ujarnya.

Kisah Nabi Ibrahim ini, patut dicontoh kepatuhannya  mengikuti perintah Allah swt, untuk menyembeli atau berqurban, makna berqurban yang sesungguhanya adalah mengikuti  Nabi Ibrahim dalam ketaatan kepada Allah swt dan tidak goya oleh godaan duniawi, olehnya para peserta qurban  makna ini harus ditangkap dan dipedomani, tutur Rusdin.

 Kemudian sumber  dari pada  hewan Qurban  enam  ekor  sapi tersebut lima ekor  dari ASN Kemenag  Donggala dan satu ekor bantuan dari  Bank Syariah Indonesia ( BSI) Cabang Palu, dan dua ekor kambing  dari ASN  Kemenag Donggala juga, dan kita berdoa kepada Allah swt semoga tahun  akan datang bisa bertambah  lebih banyak dari yang sekarang, tutup Rusdin.

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex