- Kontributor
20 November 2023 0:0:0 174

Tingkatkan Mutu Pendidikan Islam, Kemenag Morowali Gelar NGOPI

Ket: Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Morowali, As'at Latopada, saat menyampaikan sambutan pada acara Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) di Aula Kemenag Morowali, Senin (20/11/2023).


Morowali (Kemenag Sulteng) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Morowali menggelar acara Ngobrol Pendidikan Islam (NGOPI) Zona Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara di Aula Kemenag Morowali, Senin (20/11/23).

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan pendidikan Islam dan madrasah binaan Kemenag, mendorong masyarakat untuk memilih madrasah sebagai tempat pendidikan anak-anak mereka, mengkaji perkembangan pendidikan Islam dan madrasah di Morowali dan Morowali Utara, serta mencari solusi terbaik untuk masalah internal dan lintas sektoral.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Morowali, As'at Latopada, mengatakan bahwa banyak persoalan pendidikan Islam yang harus diselesaikan, baik di pendidikan formal maupun non formal.

"Terkait peningkatan mutu di pendidikan non formal juga bisa diobrolkan di sini nanti. Di pendidikan formal juga masih banyak hal yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama seperti kualitas yang perlu dibangun," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa acara NGOPI ini merupakan salah satu upaya untuk membangun komunikasi dan sinergi antara Kemenag dan para pelaku pendidikan Islam dan madrasah di Morowali dan Morowali Utara.

Diskusi NGOPI dipandu oleh Kepala Seksi (Kasi) Pendis Kemenag Morowali, Mauluddin, dengan peserta kegiatan berjumlah 70 orang, terdiri dari 40 orang dari Morowali dan 30 orang dari Morowali Utara.

Kegiatan NGOPI berlangsung dengan nyaman dan santai, dimana seluruh peserta dan narasumber berdialog dengan penuh keakraban namun tetap fokus pada permasalahan. Setiap persoalan yang disampaikan dapat ditanggapi dengan baik.

Peserta NGOPI yang sebagian besar berasal dari guru madrasah negeri dan swasta antusias menyampaikan aspirasinya, utamanya terkait nasib guru dan penyuluh honorer yang membutuhkan kejelasan terkait status dan kesejahteraannya. Selain itu, mereka juga meminta bantuan sarana dan prasarana pendidikan agama dan keagamaan agar bisa ditingkatkan dan diperhatikan pemerataannya.

Turut hadir sebagai narasumber, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Kiflin dan Analis SDM Aparatur Ahli Muda Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, Ihsan yang memaparkan gambaran umum tentang pendidikan Islam baik di tingkat daerah maupun nasional.

Tags: -

Editor: Humas Monica
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex