man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
30 Agustus 2024 9:23:0 162

MAN 2 Kota Palu Sukses Raih 2 Gelar Juara Terbaik pada EXPO MA Plus Keterampilan Tingkat Nasional

Ket: MAN 2 Kota Palu Sukses Raih 2 Gelar Juara Terbaik pada EXPO MA Plus Keterampilan Tingkat Nasional


 

MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu Plus Keterampilan kembali berhasil meraih dua gelar bergengsi dalam ajang tahunan EXPO Nasional Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Tahun 2024 yang digelar oleh Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Plus Keterampilan Nasional di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah pada Selasa, 27/08.

Kegiatan EXPO Nasional MA Plus Keterampilan yang digelar secara bersamaan dengan Rakor Nasional Kepala Madrasah dan Guru MA Plus Keterampilan se Indonesia tersebut telah memasuki usianya yang ke-7 dengan berbagai perkembangan yang semakin marak dan kompetitif. Sebagai salah satu dari 3 Madrasah Aliyah yang berstatus sebagai Madrasah Plus Keterampilan di Provinsi Sulawesi Tengah, MAN 2 Kota Palu telah mengikuti kegiatan ini secara intens dalam 4 tahun terakhir. Mengikuti jejak prestasi, dalam 3 tahun berturut-turut, siswa dan guru MAN 2 Kota Palu selalu berhasil meraih juara dalam berbagai kategori. Istimewanya, MAN 2 Kota Palu dalam 3 tahun berturut-turut pula selalu mencatatkan prestasi dalam Lomba Video Sinematik.

Mengusung tema “The Power of Madrasah Aliyah Plus Keterampilan: Maju, Bermutu, dan Mendunia” EXPO Nasional ini menampilkan berbagai kegiatan diantaranya pameran gelar karya kreasi dan inovasi siswa MA Plus Keterampilan dari seluruh Indonesia. Diikuti oleh 1.113 peserta, ajang ini juga menggelar uji kompetensi dalam berbagai lomba yang berbasis spesifikasi program keterampilan dari madrasah baik secara daring maupun luring, antara lain: Pameran Hasil Karya Siswa, Penyajian Kuliner Nusantara, Tata Busana, Design Busana Pesta, Robotik, Video Profil MA Plus Keterampilan, hingga Design Grafis dan Lomba Video Sinematik. 

Hasil terbaik MAN 2 Kota Palu yang berhasil diraih dalam EXPO ini adalah The Tadulako Team yang meraih Juara Terbaik 1 dalam Lomba Video Sinematik dari 55 peserta secara keseluruhan; dan siswa MAN 2 Kota Palu, Rifkah Khairunnisa yang meraih Juara Terbaik 2 dari 60 peserta dalam Lomba Desain Grafis Kategori Komik Digital.

“Hasil ini tentu sangat menggembirakan. Karena keterbatasan waktu, kami kemarin hanya sempat mengirimkan 1 tim saja meskipun sebenarnya kami masih memiliki beberapa siswa lainya yang juga sangat bertalenta untuk video sinematik”, demikian papar Moh. Rifaldi, guru pembimbing program Multimedia. Bersama Moh. Rafly A. Hili, Moh. Rifaldi memberikan pendampingan bagi The Tadulako Team yang terdiri dari 3 siswa MAN 2 Kota Palu, yaitu: Muhammad Vharel Prasetya, Irham dan Muh. Ziaul Haq.

Pembimbing Lomba Desain Grafis, Siska, juga menyatakan alasan yang serupa terkait keterbatasan penyertaan siswa untuk mengikuti lomba pada event kali ini. Untuk lomba Desain Grafis, Siska memberikan pembimbingan pada 3 siswa peserta untuk 2 kategori, yaitu 2 siswa pada Desain Poster dan Rifkah Khairunnisa pada Desain Komik Digital.

Kepala MAN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi yang hadir secara langsung dalam kegiatan EXPO dan rangkaiannya mengikuti kegiatan Rakornas Kepala MA Plus Keterampilan menyampaikan kegembiraan serta rasa syukurnya atas prestasi yang diraih madrasahnya tersebut.

“Alhamdulillah, sungguh prestasi ini merupakan kesyukuran serta kebahagiaan buat madrasah kami. Menjalani tugas dengan status yang diemban sebagai MA plus Keterampilan memiliki tanggung jawab besar baik bagi masyarakat maupun Kemenag RI. Prestasi yang diraih merupakan salah satu bentuk produk keterampilan yang diharapkan untuk dimiliki para siswa.”

“Semoga prestasi pada tahun ini dapat menjadi tolak ukur untuk terus berbenah diri dan meningkatkan keberhasilan MAN 2 Kota Palu dalam menciptakan generasi yang cakap, terampil, kompeten dan siap bersaing baik di tingkat nasional maupun di dunia global di masa yang akan datang,” demikian ungkap Syamsu. 

 

Tags: -

Editor: -
Fotografer: man2kotapalu Nihayati Rugaiyah

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex