- Kontributor
10 Juni 2021 0:0:0 330

Kemenag Buol Beri Reward Penyuluh Agama Islam Teladan

Ket:


Buol (Kemenag Sulteng) – Kakankemenag Buol Nurkhairi sampaikan apresiasi dan penghargaan tertinggi kepada Seksi Bimais yang telah sukses menyelenggarakan pemilihan penyuluh agama Islam Non PNS dan kepada segenap Kepala KUA dan para penyuluh agama Islam yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kakan Kemenag Buol juga sampaikan bahwa Penyuluh Agama Islam mempunyai peranan penting dalam kehidupan beragama dalam melaksanakan bimbingan dan penyuluhan.

Menurutnya Penyuluh mempunyai tiga fungsi yang melekat dalam diri yaitu fungsi Informatif dan Edukatif, Fungsi Konsultatif, Fungsi Advokatif. Olehnya sifat dan tugas Penyuluh Agama Islam yang langsung terjun di tengah-tengah masyarakat merupakan tugas terberat, karena seorang penyuluh agama tidak hanya dituntut memiliki kemampuan keilmuan dan keahlian dalam bertutur kata, tetapi dituntut pula menjadi teladan bagi umat.

Keteladanan yang dimiliki oleh penyuluh agama Islam inilah yang perlu diberikan pernghargaan atau apresiasi. Salah satu bentuk apresiasi yang dapat dilakukan adalah melalui pemilihan Penyuluh teladan baik Fungsional maupun Non PNS, ucapnya.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buol melalui seksi Bimbingan Masyarakat Islam melaksanakan kegiatan Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan tingkat Kabupaten  tahun 2021.  Abdul yasin ( Kasi Bimas Islam ) sampaikan  bahwa Kegiatan Pemilihan penyuluh teladan yang kami laksanakan berdasarkan  Surat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Islam Nomor: B.114/DT. III.III/KP.01.2/04/2021, tanggal 13 April 2021 yang ditujukan kepada Seluruh Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia, dengan turut melampirkan keputusan Dirjen Bimas Islam Nomor: 335 Tahun 2021 petunjuk pelaksanaan pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan.

lebih lanjut disampaikan Abdul Yasin, dalam melaksanakan  kegiatan ini untuk menetapkan Penyuluh Agama Islam Teladan terbaik tingkat Kabupaten Buol, dan memberikan motivasi kepada seluruh penyuluh agama Islam untuk Meningkatkan profesionalitas dan menjalankan tugas dan fungsinya, menumbuhkan kreativitas dan inovasi Penyuluh Agama Islam dalam menguatkan eksistensi Penyuluh Agama Islam di tengah masyarakat, serta memberikan penghargaan bagi juara terpilih Penyuluh Agama Islam Teladan di kabupaten Buol.

Dalam kegiatan pemilihan yang sudah berproses sejak bulan April lalu dan puncaknya diadakan pada Rabu, 9 Juni 2021, bertempat di Aula Kementerian Agama Kab Buol, dihadiri oleh para penyuluh agama dan para kepala KUA se kab. Buol, Setelah para peserta menyelesaikan seluruh babak yang dilombakan.

Selaku penyelenggara kegiatan mengumumkan juara berdasakan Keputusan Kepala Kantor Kemenag Buol Nomor 057/2021 tanggal 9 juni 2021, yaitu terbaik pertama Samsuriah Taulani Penyuluh Agama Non PNS Pada KUA Kecamatan Bukal dengan perolehan nilai 99,15 dan mendapatkan Reward uang tunai sebesar 700.000, terbaik kedua Muslim HS. Buhar Penyuluh Agama Islam Non PNS Pada KUA Kecamatan Karamat dengan perolehan Nilai 99,05 mendapatkan Reward uang tunai sebesar 600.00, dan terbaik tiga Kihajar Penyuluh Agama Islam Non PNS Pada KUA Kecamatan Bunobogu dengan perolehan nilai 87,35 dan juga mendapatkan reward uangtunai sebesar 500.000. dan penghargaan ini diserahkan langsung oleh pak Kakan Kemenag Buol, ujar Abdul Yasin.

Kemudian untuk  pemenang Pertama untuk tingkat Kabupaten, akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan Juni ini, ungkap Abdul Yasin.

Penulis Moh. Iqbal Lahama

 

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex