- Kontributor
22 Juli 2022 0:0:0 251

Madika Scout MAN 2 Kota Palu Kembali Torehkan Prestasi

Ket: Tim Pramuka Madika Scout bersama Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi dan Pembina Pramuka Putri MAN 2 Kota Palu, Ferial


MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Tim Pramuka Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu atau lebih dikenal dengan nama Madika Scout MAN 2 Kota Palu terkenal aktif dan kompetitif  dalam setiap giat karyanya. Kali ini Madika Scout MAN 2 Kota Palu kembali meninggalkan jejak kejuaraan dalam catatan kepramukaan Sulawesi Tengah.

Tim Pramuka MAN 2 Kota Palu tersebut berhasil meraih 5 trofi kemenangan dalam Lomba Kemah Temu Penegak dan Penggalang (KTGT)  ke-11 se-Sulawesi Tengah yang dilaksanakan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu di Bumi Perkemahan Kawatuna, pada 26 Juni silam.  

Keaktifan Tim Madika Scout MAN 2 Kota Palu terlihat melalui keterlibatannya hampir di setiap kompetisi dan lomba kejuaraan Pramuka baik di tingkat lokal maupun nasional.

Bukan hanya diikuti oleh peserta dalam kota, Kompetisi KTGT ke-11 kali ini juga melibatkan puluhan kelompok Pramuka yang berasal dari kabupaten-kabupaten se-Provinsi Sulawesi Tengah. Terdapat 4  jenis kategori lomba pada masing-masing jenjang yang diselenggarakan dalam kompetisi kali ini. Pada jenjang Kategori Penegak, jenis lomba yang digelar adalah: Lomba Pasang Bongkar Tenda (PBT), Lomba Orienteering, Lomba Tartil dan Lomba Seni Tari Jepeng.

Kompetisi KTGT tersebut berlangsung selama 7 hari, yaitu sejak tanggal 20 Juni dan berakhir pada tanggal 26 Juni 2022. Tim Madika Scout MAN 2 Kota Palu yang terdiri dari 10 orang pramuka putra dan 7 orang pramuka putri tersebut telah mempersiapkan diri dan berada di Bumi Perkemahan sehari sebelum kegiatan kompetisi dimulai.     

Di bawah arahan pembimbing Pramuka MAN 2 Kota Palu, Ferial dan Moh. Rifail, seluruh anggota tim bertarung dalam gelora semangat untuk menjadi pemenang. Dengan segala upaya yang tercurahkan, tim Madika Scout berhasil memboyong lima trofi kemenangan untuk dipersembahkan bagi madrasah.

Gelar kemenangan yang diraih oleh Tim Madika Scout antara lain adalah: Juara 2 Lomba Pasang Bongkar Tenda (PBT), Juara 2 Lomba Orienteering, Juara 2 Lomba Tartil, dan Juara 2 Lomba Seni Tari Jepeng. Dengan raihan 4 gelar juara tersebut maka Tim Madika Scout MAN 2 Kota Palu meraih posisi sebagai Juara Umum 3 untuk Kategori Penegak.

Pembina Pramuka Putri MAN 2 Kota Palu, Ferial, menyatakan kegembiraan atas prestasi siswa binaannya tersebut. Menurutnya, kegiatan lomba pramuka seperti KTGT banyak memberi nilai positif bagi siswanya. KTGT menjadi wadah yang proporsional bagi siswa dalam mengasah keterampilan dan ketangkasan  mereka.

Selain itu, melalui kegiatan lomba tersebut ia berharap siswa akan mendapatkan pengalaman yang berharga serta mengembangkan kualitas kepribadian mereka agar siap untuk terjun di masyarakat.  

Selaku Kepala MAN 2 Kota Palu, Muh. Syamsu Nursi menyambut gembira atas capaian prestasi Tim Madika Scout tersebut. Dirinya menyatakan, prestasi yang telah diraih oleh tim pramuka MAN 2 Kota Palu tersebut kiranya dapat menjadi tolak ukur dan bahan evaluasi bagi tingkat keberhasilan pembinaan dan pelatihan Pramuka di MAN 2 Kota Palu.

Lebih lanjut, Syamsu menjelaskan bahwa keberadaan pelatihan pramuka sangat penting bagi persiapan para pemuda untuk mengambil peran aktif di masyarakat kelak. Dirinya berharap, melalui kegiatan-kegiatan pelatihan pramuka, siswa akan mampu membiasakan diri dalam mengajukan ide, berkreasi serta aktif dalam memajukan kualitas di masyarakat.

“Semoga kegiatan edukatif seperti ini dapat memberikan kontribusi serta mampu memainkan peran konstruktif bagi generasi muda serta menjadi barometer yang mampu mewujudkan karakter anak bangsa yang lebih bermartabat" pungkasnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex