- Kontributor
24 Agustus 2023 0:0:0 728

Pemkot Bersama Kemenag Kota Palu Gelar Rapat Persiapan MTQ Ke XXVII Tahun 2023

Ket: Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu, bersama Kabag Kesra, Abd. Arief, didampungi Kasi Bimais Kemenag Kota Palu, Burhan Munawir, di Aula Bantaya Kantor Walikota Palu, Rabu (23/8/23)


Palu (Kemenag Sulteng) – Matangkan persiapan gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Palu XXVII Tahun 2023, Pemerintah Kota Palu bersama Kemenag Kota Palu, agendakan Rapat Persiapan pelaksanaan MTQ, di Aula Gedung Bantaya Lt III Kantor Walikota Palu, Rabu (23/8/2023).

Rapat dipimpin oleh Kabag Kesra, Abd. Arief, Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu, didampingi Kepala Seksi bimbingan masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kota Palu, sekaligus Sekretaris LPTQ, Burhan Munawir dan bagian pembinaan keagamaan setda Kota Palu, Basrun.

Kabag Kesra, Abd. Arief, dalam arahannya mengatakan bahwa tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Kota Palu, tahun ini Kecamatan Mantikulore dan pelaksanaaanya direncanakan akan berlangsung pada Bulan Oktober 2023, dan tingkat Provinsi Sulteng juga kota Palu tuan rumah tahun 2024 mendatang.

Pelaksanaan kegiatan MTQ ini sudah menjadi agenda tahunan, sehingga diharapkan para panitia pelaksana agar mempersiapkan kegiatan tersebut dengan sebaik mungkin.

“Kita semua berharap pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Palu ini harus meriah dan sukses, sinergi bersama dengan Kementerian Agama Kota Palu, kita upayakan berjalan lebih baik dari sebelumnya,” ucap Kabag Kesra, Abd. Arief.

Sementara itu Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L. Midu, mengatakan, nantinya para panitia pelaksanaan MTQ baik di Tingkat Kecamatan juga tingkat Kota dapat memaksimalkan kesiapan dari masing-masing bidang yang telah ditentukan.

“Koordinasi dan komunikasi sangat penting dilakukan untuk memaksimalkan persiapan kegiatan MTQ hingga selesai. Harus sejalan antara bidang-bidang yang berada di kepanitiaan MTQ, Baik di Kecamatan hingga Panitia Kota”, jelasnya.

Nasruddin menginginkankan tidak ada terkait qori-qoriah peserta atau kafilah asal kota Palu di berdayakan oleh Kabupaten lain, lebih-lebih lagi ketika mendapatkan juara dan maju di tingkat Provinsi, ini bisa saja didiskualifikasi.

Ia juga mengungkapkan, tingkat kota Palu masing masing kecamatan bertanggung jawab dalam hal qori-qoriah, hal ini bisa kerjasama dengan kepala KUA yang ada di kota Palu. “Adapun untuk hasil kesepakatan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat kota Palu akan dipusatkan di Kecamatan Mantikulore,” tuturnya.

Selain itu, Kakankemenag mengatakan, pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Palu, menjadi sarana syiar Islam yang tentunya dapat berdampak pada peningkatan SDM, kehidupan beragama, serta kehidupan sosial kemasyarakatan di Kota Palu yang semakin baik dan kondusif.

Kakankemenag, dalam kesempatan tersebut menyarankan pada Musabaqah Tilawatil Quran, untuk peserta atau kafilah asal kota Palu di tingkat Provinsi Sulawesi Tengah agar penginapan kafilah kota Palu untuk di tempatkan di Hotel sehingga para qori-qoriah lebih fokus untuk berlatih sebelum tampil di dalam ajang tersebut.

“MTQ Tingkat Kota Palu akan melakukan pembinaan kembali kepada Qori Qoriah yang juara masing masing cabang lomba dengan harapan mampu mendongkrak kualitas penguasaan tilawah bagi para qori qoriah sehingga siap terjun pada musabaqah di tingkat provinsi Sulteng. Agar apa yang diharapkan untuk meraih juara umum bisa terwujud”, tasdasnya. (kasman)

Editor: Muhammad Kasman
Fotografer: -
Tags: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex