- Kontributor
30 Mei 2023 0:0:0 205

Kakankemenag Donggala Membuka Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasisi Komunitas (IKM BK)

Ket: Kepala Kantor Kemenag Donggala H. Rusdin, membuka secara resmi pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas


Donggala (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Kemenag  Donggala, H. Rusdin, S.Ag, MM,  membuka secara resmi  pelatihan Implementasi  Kurikulum  Merdeka Berbasis  Kumunitas  (IKM BK) angkatan V oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado, di aula Kantor Kemenag Donggala, senin (29/5-2023)

Dalam  arahannya, H. Rusdin, mengatakan  penerapan  kuriulum  merdeka  tidak bisa dilakukan  oleh guru  semata,  tapi semua stakholders  pendidikan  harus  bahu membahu  membantu mewujudkannya dari praktik, banyak  Madrasah  maupun  sekolah yang implementasi kurikulum  merdeka  sangat bangus  karena  ditunjang bukan hanya oleh guru tetapi  bersama-sama  antara guru dengan Kepala Madrasah juga support  dari pengawas  dan wali siswa.

Tambah H. Rusdin,  Implementasi Kurikulum  Merdeka  juga perlu melibatkan pendamping  dari perguruan tinggi  setempat  atau keterwakilan  organisasi  masyarakat  penyelenggara pendidikan, baik sekolah maupun Madrasah,  dukungan Dinas Pendidikan dan  Kantor Kementerian Agama  juga sangat dibutuhkan, ujarnya.

Olehnya, penyelenggaraan pelatihan Implementasi  ini bisa maksimal  karena dukungan  multi  pihak, karena  Implementasi  kurikulum  merdeka   berupaya  untuk  memulihkan  pembelajaran  demi mewujudkan  transpormasi  pendidikan di Indonesia  kearah yang lebih baik, kurikulum  merdeka  guru dapat mengenali  potensi siswa  lebih dalam   guna menciptakan pembelajaran  yang relevan,  kurikulum merdeka  juga memungkinkan  guru menerapkan  pembelajaran  yang  menyenangkan  karena bisa dilakukan  melalui pembelajaran berbasis  projek,  imbuhnya.

Selfi, S.Ag,  selaku  Ketua  Panitia  pelaksana mengatakan  bahwa  pelatihan  implementasi kurikulum  merdeka berbasis komunitas ini betujuan  untuk  meningkatkan  pengetahuan dan keterampilan , olehnya  diharapkan  kepada semua peserta  agar mengikuti kegiatan  ini dengan serius mulai dari awal  sampai akhir.

Kegiatan ini diikuti  30 peserta dari  pengawas, Kepala Madrasah, Dosen, guru  dan  pengelola dari Seksi  Pendidikan Islam,  terangnya.

Kegiatan ini turut dihadiri  Kasubbag TU Kemenag Donggala, Sarina Unok,  Widayaiswara, Para Kepala Seksi/ penyelenggara.  

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex