- Kontributor
12 April 2021 0:0:0 636

MTsN 1 Kota Palu Gelar Bimtek Akreditasi Madrasah Tahun 2021

Ket: Foto Bersama saat Kegiatan Bimbingan


(MTsN 1 Palu) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Palu menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pendampingan persiapan akreditasi madrasah tahun 2021

Kegiatan yang berlangsung di Adila Garden Kawatuna itu dilaksanakan pada hari Sabtu (10/04/2021), mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB.

Hadir sekaligus sebagai narasumber dalam bimtek tersebut yaitu, Gazali Lembah, Kegiatan bimtek tersebut diikuti oleh seluruh dewan guru, dan staf tata usaha yang tergabung dalam kepanitiaan akreditasi MTsN 1 Kota Palu

Kepala Madrasah, Rusdiana, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan bimtek yaitu dalam rangka memberikan pendampingan kepada pihak-pihak yang masuk dalam tim kepanitiaan akreditasi madrasah tahun 2021.

"Kepada bapak dan ibu peserta bimtek mari kita simak pemaparan dari narasumber kita dengan serius. Agar nanti bapak dan ibu memperoleh gambaran dalam mempersiapkan instrumen-instrumen yang terkait dengan komponen akreditasi," papar Rusdiana.

Hadir juga dalam kesempatan ini Ketua Pokjawas Kemenag Kota Palu Alfian. Ia mengatakan Akreditas adalah memberikan informasi kelayakan madrasah tentang program yang di laksanakan berdasarkan SNP. Nilai akreditasi menujukkan maju dan tidaknya suatu madrasah sekaligus informasi kepada masyarakat sehingga memberikan kepercayaan kepada Madrasah.

Menurut Gazali Lembah, dalam penilaian akreditasi tahun ini terdapat regulasi terbaru dimana hanya ada empat komponen Instrument Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP). Pertama Komponen Mutu Lulusan, kedua Komponen Mutu Proses Pembelajaran, ketiga Komponen Mutu Guru Dan Tenaga Kependidikan, serta keempat Komponen Manajemen Sekolah.

"Dalam regulasi terbaru ada 4 komponen IASP yaitu mutu lulusan, proses pembelajaran, guru dan tenaga pendidik serta manajemen sekolah. Semua itu harus disiapkan agar memperoleh nilai yang maksimal,” tandas Gazali Lembah.

Dalam sambutannya di penghujung acara, Kepala Madrasah berpesan kepada tim akreditasi agar ada tindak lanjut setelah berakhirnya kegiatan bimtek tersebut. Perlu adanya evaluasi berkala setiap bulan kepada tim panitia akreditasi untuk memantau sejauh mana kesiapan dokumen fisik sesuai kebutuhan akreditasi.

Masing-masing anggota tim diharapkan bisa saling membantu mencarikan solusi jika terdapat kendala dan hambatan dalam mempersiapkan setiap tahapnya sehingga target capaian akreditasi akan maksimal sesuai dengan harapan, jelasnya.

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex