- Kontributor
1 Juni 2019 0:0:0 493

Upacara Hari Lahir Pancasila di Kankemenag Parimo berlangsung Hikmad

Ket:


Parigi(Inmas Kemenag) Upacara Peringatan hari Lahirnya Pancasila di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Parigi Moutong berlangsung hikmad.

Kepala Seksi Haji Dan Umrah H Sudirman Tjora bertindak sebagai Inspektur Upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Parigi Moutong, Sabtu 1 Juni 2019.

Hari Lahirnya Pancasila yang setiap tahunnya jatuh tanggal 1 juni dan tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan itu mengambil tema Kita Indonesia, Kita Pancasila.

H Sudirman Tjora yang membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan dan Idiologi Pancasila RI Prof Hariono mengatakan, eksistensi keindonesiaan masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.

Keragaman geografis hanya dapat dirajut dengan bingkai kebangsaan yang inklusif.

Sudirman menegaskan sesuai pesan Presiden Joko Widodo, dimana hikma hari lahirnya pancasila perlu dipahami sebagai berikut :
Pertama, sebagai bangsa besar tidak bisa menyia nyiakan kemerdekaan indonesia harus memegang teguh idiologi pancasila, seperti idiologi pancasila yang disebut jasmera oleh Bung Karno.
Kedua, untuk menyongsong bernegara yang lebih baik. Pancasila memberikan enegri positif bagi bangsa.
Ketiga bangsa yang inklusif diperlukan unit politk dan unit kultural dengan maksud untuk membangun ekosistim yang sehat.

"Pancasila perlu dijadikan sumber dasar negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan indonesia serta membangun tatananan masyarakat yang rukun dan damai.

Di akhir Sambutan Sudirman Tjora mengucapkan terima kasih kepada seluruh Pejabat dan Pegawai ASN yang telah mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila.

Dari Pantauan humas Kemenag Kabupaten Parigi Moutong  bahwa pada Upacara Tersebut dihadiri Para Pejabat Eselon IV KanKemenag Parmout, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Pengawas Madrasah, hadir pula ASN yang berasal dari Kanwil Kemenag Gorontalo, Kanwil Kemenag Sulteng, Kepala KUA dari Morowali Utara, serta ikut bergabung juga Aparatur Sipil Negara Dari Pengadilan Agama Kabupaten Parigi Moutong.(Ahdal)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex