- Kontributor
23 Juli 2021 0:0:0 241

MTsN 2 Kota Palu Kurban Lima Ekor Sapi

Ket: Sesaat sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban oleh keluarga besar MTsN 2 Kota Palu


Palu (Humas MTsN 2 Kota Palu) Momentum Hari Raya Idul Adha yang jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya dimaknai oleh umat Islam di seluruh dunia dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban bersamaan dengan selesainya ibadah wukuf di Padang Arafah.

Sehari setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun 2021 M/1442 H, MTsN 2 Kota Palu kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan, yakni penyembelihan hewan kurban. Perayaan Idul Kurban tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana tidak semua peserta didik dikerahkan untuk ikut serta dalam pemotongan hewan kurban. Kegiatan dilaksanakan di Panti Asuhan Ar-Rahman tidak jauh dari lokasi madrasah, Rabu (21/07/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat berkurban bagi pendidik dan tenaga pendidik serta peserta didik dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Adapun jumlah hewan kurban pada tahun ini sebanyak 5 ekor sapi.

Kegiatan diawali dengan pemotongan hewan kurban yang disaksikan oleh Kepala MTsN 2 Kota Palu, H. Muh. Syamsu Nursi dan para guru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Berikutnya dilakukan penyortiran daging secara bersama-sama. Daging yang diperoleh kemudian dibagikan kepada siswa siswi yang kurang mampu dan masyarakat sekitar madrasah. semoga hewan yang telah dikurbankan dan diserahkan kepada warga sekitar MTsN 2 Kota Palu diberkahi oleh Allah SWT. Amiin Ya Rabbal Alamin.

H. Muh. Syamsu Nursi, selaku kepala MTsN 2 Kota Palu menyambut secara terbuka dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini. Beliau juga menuturkan rasa syukur karena Idul Adha 1442 H ini tetap berjalan walaupun di masa pandemik Covid-19, tetapi tetap menjalankan aturan protokol kesehatan. Mudah-mudahan kegiatan penyembelihan hewan kurban ini menjadi simbol bagi kita semua dalam rangka membangun keikhlasan dalam beribadah, ujarnya.

Seluruh hewan kurban yang terkumpul merupakan partisipasi dan inisiatif dari kepala madrasah bersama guru di lingkungan madrasah. Semoga niat dan doa kita diijabah oleh Allah SWT, ungkap Hj. Hasmiah, selaku ketua panitia kurban.

Berkurban selalu memberi kesan mendalam bagi yang berkurban dan penerimanya. Lebih-lebih lagi dalam masa pandemik Covid-19, kita masih mampu membantu untuk meringankan beban sesama sebagai bentuk solidaritas. Tidak lain dan tidak bukan, kecuali untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, tambahnya.

Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada umat Islam bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Karena pengorbanan juga merupakan salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. (Naif Abdun)

Tags: -

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex