KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
3 November 2023 0:0:0 182

Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ Ke-V dan Festival Lasqi Tingkat Kabupaten Morowali Utara 2023

Ket:


Morowali Utara (Kemenag Sulteng) -  Dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-V dan Festival Lasqi Tingkat Kabupaten Morowali Utara Tahun 2023 yang akan dilaksanakan tanggal 14-19 November 2023 mendatang, Panitia MTQ menggelar rapat persiapan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Utara Ir. Musda Guntur, MM., bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati pada Kamis (02/11/2023).

Bahardin Sakaria selaku Kabag Kesra Morut mengatakan bahwa kegiatan MTQ akan dilaksanakan di Pelataran Kantor Bupati dimana tata panggung dan sound system akan menggunakan standar Nasional.

Sedangkan untuk kesediaan daya listrik panitia telah bekerja sama dengan pihak PLN agar daya listrik dapat tercover dengan baik saat pelaksanaan MTQ berlangsung.

Persiapan non teknis lainnya seperti pemondokan kafilah juga telah disediakan sepuluh rumah penduduk yang akan dijadikan tempat Pemondokan para khafilah.

Begitu juga dengan rencana tempat pelaksanaan Musabaqah Hifzil dan Tafsir Qur'an seperti Masjid Agung, Masjid At-Taqwa Bahoue, MTs Petasia dan SMAN 1 Petasia akan menjadi tempat Musabaqah.

Dari segi keamanan, Buharman Lambuli selaku Kasatpol PP berharap adanya pos-pos keamanan yang akan menjadi sentral dari para personil keamanan, mengingat saat pelaksanaan MTQ pasti akan mengundang banyak massa yang akan ikut menyaksikan MTQ tingkat Kabupaten Morowali Utara Ke V.

Rencananya sebelum pelaksanaan MTQ akan dirangkaikan dengan kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) yang akan menampilkan lantunan lagu-lagu qasidah dan lagu-lagu Religi Islami.

"Secara umum persiapan panggung, lighting dan sound system harus sudah siap beberapa hari sebelum pelaksanaan MTQ. Kami berharap pelaksanaan MTQ dapat berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita inginkan," ucap Sekda 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Morowali Utara Abd.Mun’im menyampaikan beberapa persiapan pemaparan yang sudah disampaikan dari panitia untuk jadi perhatian serius dalam pelaksanaan ini, mulai dari sarana lokasi arena utama MTQ, kesiapan pemondokan bagi kafilah termasuk dalam seluruh persiapan MTQ. Yang tidak kalah penting adalah persiapan  Dewan Hakim  dalam penjurian MTQ nanti. Namun saat ini permasalahan yang terjadi sekarang kesediaan pasokan listrik dan terbatasnya komunikasi via seluler apabila listrik padam, namun sudah diantisipasi secara baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Utara untuk memininalisir kendala-kendala pada saat pelaksaan berlangsung. Semoga MTQ ke V akan berjalan baik dan lancar, ujarnya

Nampak hadir mendampingi Sekda Morowali Utara yakni Kepala Kantor Kemenag Morut Dr. H. Abdul Mun'im, M.H.I, Asisten III Setdakab Morut Atra Tamehi, SH, Kapolres Morut yang diwakili oleh Kasat Binmas Polres Morut IPTU I Wayan Sedana, Dandim 1311 Morowali/Morowali Utara yang diwakili oleh Serma Alimuddin, Kabag Kesra Morut Bahardin Sakaria S.Ag, M.Pdi beserta seluruh panitia MTQ

 

 

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex