- Kontributor
3 November 2019 0:0:0 446

Pesantren Benteng Pembinaan Generasi Muda Indonesia dan Pembela NKRI

Ket: Dr. H. Rusman Langke, M.Pd memberi sambutan pada peringatan Hari Santri 2019 di Halaman Kanwil Kemenag Sulteng. (foto : eko/zidia)


Palu (Kemenag Sulteng)- Kakanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tengah DR. H. Rusman Langke M. Pd memberikan sambutan pada Acara Zikir dan Tabligh Akbar memperingati Hari Santri 2019 yang didampingi oleh Kabid Pakis, DR.H.Gasim Yamani, M.Ag  dan    Kabag TU DR. H. Kiflin Pajala,  M. Pd. I, bertempat di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Minggu, 3/11/2019.

 

Rangkaian acara pada peringatan Hari Santri 2019 ini diawali oleh pembacaan Ayat Al-Qur’an oleh Ust. H. Abd. Azis T., dilanjutkan  dengan acara Zikir bersama Ust, KH. Ahmad Asse dan  Tabligh Akbar oleh DR. H. Lukman Tahir,  M. Ag.

Pada Kesempatan itu Kakanwil Kemenag Sulteng  mengatakan bahwa Pesantren merupakan Benteng Pertahanan Pembinaan Generasi Muda untuk menegakkan NKRI, hal ini telah terbukti bagaimana besarnya kontribusi Pesantren dalam sejarah pergerakan Kemerdekaan Indonesia, dan dalam mengisi Kemerdekaan Indonesia. Hal ini tidak dapat dipungkiri alumni alumni Pondok Pesabtren telah memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan nasional.

Olehnya Pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi besar pada eksistensi Pondok Pesantren, dengan mengeluarkan UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pondok Pesantren. Dan Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

“Olehnya hari ini kita memperingati Hari Santri Nasional itu, sebagai upaya mensupport Pondok Pesantren dan Para Kiyainya  untuk tidak henti- hentinya memberikan kontribusi pada Pembinaan Generasi muda Bangsa ini dalam mengisi kemerdekaan” Kata Rusman Langke

Rusman diakhir sambutannya menjelaskan bahwa semangat keagamaan yang dikembangkan di Indonesia saat ini berasal dari intisari semangat keagamaan yang dikembangkan  oleh para Kiyai di Pondok Pesantren yaitu "Rahmatan Lil Alamin" Islam washatiyah,  Islam moderat,  toleran,  tawashut dan tawazun, yang kemudian di kemas dalam slogan "Moderasi beragama."

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kemenag Sulteng. Turut hadir pula Kakan Kemenag Kota Palu,   H. Ma’sum Rumi,  Kakankemenag Kab. Sigi  As’ad Latopada serta para guru Kiyai Pengasuh Pondok Pesantren.  Acara ini dihadiri sekitar 500 orang santri berasal dari pesantren se-kota Palu dan Kab.  Sigi.

Sebelumnya dilakukan Penyerahan hadiah untuk para Pemenag pada Pekan Olah Raga dan Seni antar Madrasah Diniyah Tingkat Nasional (Porsadin) IV dan pada even ini Utusan Sulawesi Tengah masuk 10 besar pada urutan ke 9 perolehan medali.

Selamat Hari Santri semoga Santri sebagai garda terdepan Pembela NKRI dan Penebar Kedamaian di Persada Bumi Indonesia dan Dunia. Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia,  Pondok Pesantren adalah Laboratorium Perdamaian Dunia.  Akbar/zidia

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex