- Kontributor
19 September 2022 0:0:0 89

Kankemenag Bangkep Laksanakan Sosialisasi Capacity Building Revitalisasi KUA

Ket: Sosialisasi Capacity Building Revitalisasi KUA


Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan (Kemenag Bangkep) H. Riatman A. Nursin membuka sekaligus memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Capacity Building Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) di lingkungan Kantor Kemenag Bangkep yang dilaksanakan di Hotel Sidapore, senin 19/09/2022. Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 orang yang terdiri 2 orang utusan dari 12 KUA Kecamatan.

Revitalisasi KUA adalah program prioritas Kementerian Agama dalam pelayanan keagamaan, KUA tidak hanya mengurus nikah dan rujuk saja, pelayanan KUA harus prima, tidak semata kantor urusan asmara. Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, M. Adib mengatakan revitalisasi KUA yang merupakan program prioritas didasarkan pada empat kriteria, tidak hanya sarana dan prasarana, kemampuan memberikan pelayanan kepada masyarakat juga dijadikan sebagai parameter.

Pertama, KUA yang direvitalisasi berdasarkan kelengkapan fungsinya bukan bentuk dan mewahnya gedung. Kedua, berdasarkan jumlah pernikahan yang berkorelasi dengan jumlah penduduk, jumlah penduduk menunjukan tingkat dinamika suatu tempat sehingga revitalisasi KUA fokus pada layanan masyarakat. Ketiga, lokasinya berada di ibukota kabupaten karena masyarakat perkotaan atau urban memiliki tingkat persoalan yang lebih kompleks disbanding masyarakat pedesaan. Dan yang keempat yaitu revitalisasi KUA harus memiliki sumber daya manusia yang cukup guna menunjang keberhasilan layanan yang diberikan.

H. Riatman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan revitalisasi KUA di Kabupaten Bangkep yaitu masalah sarpras, sumber daya manusia dan kurangnya peristiwa nikah dari masing-masing KUA, namun harus ada satu KUA yang diprioritaskan untuk menjadi contoh.

Adapun narasumber yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini yaitu H. Irwan, Analis Kebijakan Ahli Muda pada Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, H. Riatman A. Nursin Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Banggai Kepulauan, dan H. Ahmad Yani Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan.

Tags: -

Editor: Hasbianto
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex