KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
man2kotapalu Nihayati Rugaiyah Kontributor
5 Maret 2024 10:55:0 204

Kepala MAN 2 Kota Palu Lantik Wakil Kepala Madrasah Periode 2024-2026

Ket: Pengukuhan dan serah terima jabatan para Wakil Kepala Madrasah Periode 2024 - 2026


 

 

MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu, H. Muhammad Syamsu Nursi, S.Pd.I, M.M, melantik empat Wakil Kepala Madrasah yang akan mengemban tugas untuk periode 2024-2026. 

Turut hadir Pengawas Pembina Madrasah, Alfian, S.Pd, Ketua Komite, Sahrir, M.Pd dan Kaur Tata Usaha MAN 2 Kota Palu, Moh. Taufik. Pengumuman dan prosesi pengukuhan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum & Akademik, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana dan Wakil Kepala Bidang Humas yang terpilih dilaksanakan di ruang tenaga pendidik di MAN 2 Kota Palu pada Senin, 04/03/2024.

Pemilihan para Wakil Kepala Madrasah baru di MAN 2 Kota Palu merupakan proses regenerasi dalam menjalankan prinsip manajemen berbasis madrasah yang adil, jujur, dan demokratis. Pemilihan dilakukan menyusul berakhirnya masa jabatan tugas tambahan para wakil kepala madrasah pada periode tahun 2021 – 2023. Dalam proses mengangkat wakil kepala madrasah yang akan bertugas pada periode selanjutnya, Kepala Madrasah berpedoman pada peraturan yang dimuat dalam Petunjuk Teknis Dirjen Pendis Nomor 1531 Tahun 2020 tentang pengangkatan guru yang diberi tugas sebagai Wakil Kepala Madrasah.

Sesuai juknis, setiap tahapan mulai dari pencalonan, pemilihan hingga pengukuhan dilaksanakan secara terbuka di bawah arahan panitia pemilihan.  Setiap tenaga pendidik, dalam hal ini para guru yang memenuhi kriteria dan persyaratan memiliki kesempatan yang sama untuk dicalonkan maupun mencalonkan diri. Proses pemilihan kemudian dilanjutkan dalam beberapa tahapan seleksi diantaranya wawancara dan pemaparan visi dan misi sebagai uji kelayakan atau fit and proper test para calon.

Selama proses pemilihan, Kepala Madrasah didampingi oleh Pengawas Pembina Madrasah dan Ketua Komite Madrasah sebagai salah satu stakeholder madrasah. Guru sebagai pemegang hak suara dalam pemilihan menyalurkan hak suara bagi kandidat pilihannya secara langsung melalui pencoblosan kartu suara yang disediakan oleh panitia. Sejumlah 70 guru hadir memberikan hak suara pada acara pemilihan dan berakhir dengan penuh keseruan di puncak acara yaitu penghitungan perolehan suara bagi masing-masing kandidat.

Pemilihan langsung tersebut meloloskan 12 orang kandidat dengan 3 kandidat potensial pada masing-masing bidang. Setelah melalui proses wawancara oleh Kepala Madrasah, 4 guru kemudian terpilih sebagai Wakil Kepala. Para figur baru yang terpilih sebagai wakil kepala madrasah adalah  Zulfadli – Wakamad Bidang Akademik, Muhammad Rendy Saputra - Wakamad Bidang Kesiswaan , dan Siska sebagai Wakamad Bidang Sarana Prasarana. Sedang Nihayati Rugaiyah masih terpilih kembali untuk menggarap Bidang Humas madrasah untuk kedua kalinya.  

Pengukuhan dengan agenda pengambilan sumpah jabatan dilakukan secara langsung oleh Kepala Madrasah di hadapan guru, staf, Pengawas Pembina Madrasah dan ketua Komite MAN 2 Kota Palu. Acara pengukuhan kemudian diteruskan dengan serah terima jabatan dari para wakamad sebelumnya, yaitu Moh. Fadli, H. Irham dan Nurida Nadra.

Dalam arahannya, Muh. Syamsu Nursi menyampaikan tujuan pemilihan para Wakil Kepala Madrasah ini adalah proses regenerasi mewujudkan iklim madrasah yang demokratis, jujur, dan transparan, sebagaimana yang diatur dalam regulasi yang berlaku. Dirinya juga berharap dengan  terpilihnya para figur baru, pengembangan madrasah akan lebih enerjik, terjalinnya kerjasama yang baik, saling menghargai, menghormati, dan berdiskusi secara efektif dalam membantu perwujudan visi dan misi madrasah ke depan.

Syamsu juga menyampaikan terima kasih yang setingi-tingginya atas dedikasi, kerja keras, dan loyalitas yang telah diberikan oleh para Wakil Kepala Madrasah periode sebelumnya melalui prestasi kerja dan kontribusi yang optimal hingga dapat membawa MAN 2 Kota Palu hingga ke  titik terbaiknya saat ini.    

 

 

 

Tags terkait: -
Editor: -
Fotografer: man2kotapalu Nihayati Rugaiyah
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex