- Kontributor
1 Februari 2023 0:0:0 421

MTs Negeri 2 Tolitoli Selenggarakan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM Periode 2023-2024

Ket: Proses Pemungutan Suara Oleh Siswa


MTsN 2 Tolitoli (kemenag Sulteng) - Dalam rangka melatih dan mengenalkan demokrasi melalui pengalaman praktis pada peserta didik, MTs Negeri 2 Tolitoli mengadakan pemilihan ketua  Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan Wakil Ketua OSIM masa bakti 2023/2024. Pemilihan ini dilakukan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah secara terbuka di lapangan Madrasah, Selasa (31/01/23)

Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 ini berlangsung dengan tertib dan lancar, terlihat dari antusiasme peserta didik saat pemilihan berlangsung. Peserta didik tetap melaksanakan proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Keempat pasangan calon kandidat yaitu Artika Sesarafisti dan Khirana Nafisah Salsabila sebagai calon pasangan nomor satu, Mutiara Madani dan Dina Ulfia sebagai pasangan calon nomor dua, Warda Tsaniyah dan Nur Raudah sebagai calon pasangan nomor urut tiga, dan Miftahul Febriansyah Ahmad dan Warda Fatina sebegai calon kandidat nomor empat juga bersemangat mengikuti seluruh ragkaian kegiatan pesta demokrasi Madrasah.

Proses pemungutan suara dilanjutkan dengan perhitungan rekapitulasi suara hingga puku 10.30. Berdasarkan hasil rekapitulasi, dari 325 pemilih diperoleh 318 suara sah dan 7 suara yang dinyatakan tidak sah. Pasangan calon nomor urut satu mendapatkan 86 suara, pasangan calon nomor dua mendapatkan 101 suara, pasangan calon nomor tiga mendapatkan 55 suara, dan pasangan calon nomo urut empat mendapatkan 76 suara. Dengan demikian, pasangan calon nomor dua yakni Mutiara Madani dan Dina Ulfia akan menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIM MTs N 2 Tolitoli masa bakti 2023/2024.

Kepala MTsN 2 Tolitoli saat membuka rangkaian kegiatan debat kandidat calon Ketua dan Wakil ketua OSIM mengimbau kepada Kandidat terpilih nantinya dapat malaksanakan amanah kepeminpinan dengan baik.

Pada kepengurusan tahun ini kita harus banyak berbenah, banyak yang harus diperbaiki baik dari segi fungsi, tugas, serta hal-hal lain yang terkait dengan OSIM di Madrasah. Kami berharap kepada kandidat terpilih nantinya dapat dengan baik melaksanakan tugasnya sebagai pemimpin di Madrasah sesuai dengan visi dan misi yang telah disampaikan. Selain itu, OSIM ke depannya juga harus bisa lebih aktif, mandiri, kreatif, serta inovatif dalam mengemban amanahnya, lanjutnya.

Kamad berpesan kepada seluruh siswa khususnya, agar kooperatif dalam mendukung semua program-program kerja yang telah dibuat oleh OSIM sehingga tercipta Madrasah yang mandiri dan berprestasi. Dan yang terakhir kami berharap OSIM ini dapat menjadi wadah dalam membentuk karakter kepemimpinan bagi siswa baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah yakni di lingkungan keluarganya.

Ummul Saidah,  selaku Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan  mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM ini.

“Terimakasih, kalian telah melaksanakan pemilihan ketua dan wakil OSIM dengan jujur, adil, sportif dan bertanggung jawab. Semoga semua pengurus OSIM Masa Bakti 2023/2024 mampu mengemban tugas dan fungsinya dengan maksimal untuk memajukan madrasah dalam membangun generasi yang religius, cerdas, madiri, dan peduli lingkungan,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini sekaligus juga sebagai pembelajaran bagi peserta didik bagaimana menjalankan demokrasi yang baik. Peserta didik dapat mengalami dan tahu bagaimana proses pemilihan umum yang benar.

Rangkaian kegiatan pemilihan ketua dan wakil OSIM di MTs Negeri 2 Tolitoli ini diselenggarakan sejak 16 Januari 2023 yang diawali dengan proses penjaringan, seleksi calon kandidat, pengambilan nomor urut calon kandidat,  penyampaian visi misi, debat calon kandidat, dan puncaknya adalah pemilihan ketua dan wakil ketua OSIM.

"Panitia Pemilihan Umum OSIM MTs Negeri 2 Tolitoli menyelenggarakan Pemilihan Ketua dan wakil OSIM dengan Menjunjung tinggi asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil" terang Sri Bulan, selaku pembina OSIM.

 

Penulis: Andi Anita Lestari

Tags: -

Editor: Zidiarman
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex