- Kontributor
5 Maret 2021 0:0:0 191

Silaturahmi Bersama MGMP PAI Tingkat SMK, Nasruddin Tekankan Moderasi Beragama

Ket: Kakankemenag sedang memberikan arahan kepada para Guru PAI


Palu (Kemenag Sulteng) --- Kakankemenag Kota Palu, Nasruddin L.Midu mengajak guru agama Islam untuk dapat meningkatkan perannya dalam menguatkan moderasi beragama sedini mungkin bagi siswanya.

"Guru PAI perlu secara optimal memainkan peranan strategisnya, termasuk dalam membina aktivitas keagamaan dan menguatkan moderasi beragama para siswa," kata Nasruddin saat bersilaturahmi dengan MGMP PAI tingkat SMK se Kota Palu. Jum’at (05/03) di SMKN 3 Kota Palu.

Nasruddin yang didampingi oleh Ketua Pokjawas, Alfian dan para  Pengawas Pembina PAI itu, menekankan pentingnya peran guru yang bisa menjadi pintu masuk ekstremisme beragama di sekolah jika tidak dikelola secara baik. Alasannya guru adalah pemegang peran terpenting dalam proses transformasi pengetahuan di sekolah.

Maka dari itu, Kakankemenag Palu tersebut  mengajak guru agama untuk dapat mendorong terciptanya suasana pendidikan yang kondusif dan mendorong siswanya mampu berpikiran moderat. 

Tidak kalah penting, Nasruddin mengingatkan terdapat dua paham yang menghambat implementasi moderasi beragama, yakni radikalisme dan liberalisme.

“Hendaknya kita tidak berada digaris keras radikal, tetapi tidak juga berada digaris yang bebas liberal,” ungkapnya.

Kakankemenag Kota Palu itu mengapresiasi Guru PAI pada SMK  yang tentunya memiliki tantangan yang tidak ringan. Harapanya lewat kolaborasi yang baik, pembinaan siswa lewat kegiatan ektarkulikuler dan ajang perlombaan bisa meningkatkan kualitas siswa dibidang agama. 

“Saya pikir guru PAI SMK juga bisa mencetak para hafizh Qur'an disekolahnya,” harap Nasruddin.

Sementara itu Ketua MGMP PAI Idris Sahe, dalam laporanya mengatakan, dirinya dan rekan sejawatnya sangat merindukan kegiatan belajar mengajar, tetapi karena Pandemi Corona-19 belum berakhir maka sampai saat ini proses pembelajaran tatap muka atau saat ini santer disebut  Luring (luar jaringan) tak kunjung terlaksana.

Forum silaturahmi MGMP ini juga menjadi ajang menyamakan persepsi dalam penyusunan soal Ujian Sekolah (US) kelas XII SMK se-Kota Palu tahun pelajaran 2020-2021 dan informasi TPG (Sertifikasi).

(Fuad)

Tags: -

Editor: Lilis Basira
Fotografer: -

HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex